Iklan Banner Sukun
Ragam

Hari Kunjung Perpustakaan, Berikut Daftar Perpustakaan Terbesar di Dunia

(Foto: Genaro ServĂ­n, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika anda gemar membaca, perpustakaan mungkin menjadi tempat yang sering anda kunjungi. Mengoleksi buku sendiri tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit sebab, harga buku terus mengalami peningkatan. Sehingga perpustakaan adalah solusi yang tepat untuk memuaskan hasrat membaca.

Kebetulan, 14 September adalah hari berkunjung perpustakaan sekaligus hari gemar membaca. Anda bisa menggunakan momen tersebut untuk berkunjung kembali ke perpustakaan ketika pandemi sudah reda. Daftar perpustakaan terbesar dunia berikut ini bisa menjadi referensi jika suatu saat anda ingin berkunjung ke perpustakaan.

Library of Congress, Amerika Serikat

Library of Congress dibangun pada 24 April tahun 1800. Perpustakaan ini punya panjang rak sekitar 1.349 km, Library of Congress dinobatkan sebagai perpustakaan terbesar di dunia dari segi luas rak buku dan total koleksi buku. Selain itu, Library of Congress juga punya lebih dari 38 juta buku dengan 470 bahasa.

Central Library of Vancouver, Kanada

Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1869 oleh arsitek bernama Vancouver George Grant. Central Library of Vancouver mengakat desain ruangan seperti gaya Renaisans Romawi. Tahun 2013, Central library of Vancouver memiliki total pengunjung lebih dari 6.9 juta setiap harinya.

British Library, Inggris

Perpustakaan yang terletak di ibukota Inggris ini dibangun pada 1 Juli 1973. British Library pernah jadi bagian dari British Museum. British Library memiliki 14 juta buku, selain itu perpustakaan ini juga dibekali dengan koleksi barang-barang dari tahun 2000 sebelum masehi.

Biblioteca Vasconcelos, Meksiko

Biblioteca Vasconcelos diresmikan pada 16 Mei tahun 2006 oleh Vicente Fox, Presiden Meksiko kala itu. Tahun 2007, Biblioteca Vasconcelos sempat ditutup karena ada cacat konstruksi. Setelah melewati proses renovasi perpustakaan ini dibuka lagi pada November 2008.

Taipei Public Library Beitou Branch, Taiwan

Taipei Public Library Beitou Branch pertama kali dibuka pada November tahun 2006. Perpustakaan ini masuk sebagai perpustakaan hijau pertama di Taiwan. Taipei Public Library Beitou Branch memiliki panel surya dan punya sistem untuk mengumpulkan air yang akan dipakai untuk menyiram tanaman.

Tianjin Binhai Library, China

Perpustakaan yang dibangun pada tahun 2017 lengkap dengan rak buku bertingkat yang bisa menampung 1.2 juta buku. Tianjin Binhai Library memiliki 5 lantai, lantai 1 & 2 ada ruang baca dan lounge. Sedangkan, ruang komputer, kantor, dan ruang pertemuan ada di lantai atas.

Demikian daftar perpustakaan dunia, di Indonesia perpustakaan terbesar ada di Jakarta yaitu perpustakaan nasional. (dan)


Apa Reaksi Anda?

Komentar