Iklan Banner Sukun
Ragam

7 Tips Menjawab Pertanyaan yang Sering Muncul di Ujian Skripsi

(Foto: Dylan Gillis, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sidang ujian skripsi merupakan saat yang mendebarkan sekaligus menegangkan. Saat momen ini kesabaran, pengetahuan, dan kesungguhan seorang mahasiswa akan ditentukan.

Namun tidak perlu panik, jika persiapan sudah cukup matang maka semua mudah dilalui. Persiapan sangat penting dilakukan jauh-jauh hari sebelum sidang. Tujuannya agar saat ditanya oleh dosen tidak kebingungan.

Salah satu persiapan yang dilakukan dengan mencari tahu kemungkinan pertanyaan yang akan muncul saat sidang. Berikut ini daftar pertanyaan beserta cara menjawabnya yang sering muncul saat sidang ujian skripsi.

Apa judul penelitian Anda?

Jika muncul pertanyaan tersebut dari dosen Anda, berikut ini cara menjawabnya. Pertanyaan ini tujuannya memastikan kalau Anda benar hafal dan paham dengan judul skripsi.

Jadi jawab dengan yakin tanpa baca. Jika terlihat membaca dosenmu akan menimpali dengan pertanyaan yang lebih banyak.

Kenapa Anda memilih penelitian ini?

Cara jawabnya coba jelaskan bagaimana fenomena yang Anda angkat di latar belakang. Jelaskan juga fakta-fakta ilmiahnya berdasarkan data yang Anda miliki dan coba hindari menggunakan asumsi sendiri.

Kenapa menggunakan teori ini?

Cara menjawab pertanyaan ini dengan memberi argumen kuat yang didukung data-data ilmiah juga sumber literatur tepat. Anda juga harus ingat siapa tokoh dan apa asumsi dari teori yang digunakan pada skripsimu.

Kenapa Anda memakai metode penelitian ini?

Karena biasanya pertanyaan ini mengarah ke tujuan penelitian. Sehingga cara menjawabnya coba bandingkan antara metode yang Anda pakai dengan metode lain agar terlihat kenapa metode itu tepat untuk penelitian Anda.

Apa hasil dari penelitian ini?

Cara jawabnya, buat satu paragraf tentang hasil dari penelitian secara ringkas, padat dan jelas. Jangan sampai Anda bingung dan terbata-bata saat menjawab.

Apa kesimpulan dari penelitian ini?

Pertanyaan soal kesimpulan dijawab dengan memaparkan kesimpulan penelitian sesuai tujuan penelitian. Jangan sampai tujuan dan kesimpulan Anda justru tidak sinkron.

Apa saran Anda dari penelitian ini?

Jawaban ini perlu Anda siapkan juga. Karena ini berkaitan dengan hasil atau hal yang Anda temukan saat sedang melakukan penelitian ini.

Mahasiswa akhir mesti siap dengan beberapa hal itu. Terutama agar tidak terjebak dengan pertanyaan dosen saat sidang ujian skripsi. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati