Iklan Banner Sukun
Ragam

7 Tanda Air Minum Anda Tidak Bersih

(Foto: Mrjn Photography, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Air adalah kebutuhan utama bagi tubuh manusia. Dengan asupan air yang cukup dan baik, tubuh juga akan bekerja dengan baik. Ketika kekurangan air, beberapa fungsi tubuh akan menurun, juga sulit berkonsentrasi.

Selain asupan yang cukup, air yang kita minum juga harus dalam kondisi baik. Setidaknya, ia tidak tercampur senyawa yang bisa menyebabkan keracunan. Saat ini pun sudah banyak cara yang digunakan untuk mengetahui kualitas air yang kita konsumsi. Teknologi untuk menjaga kualitas air pun sudah banyak tersedia.

Bagi anda yang belum mengetahui bagaiman cara menegetahui air yang masih berkualitas bagus dan yang sudah tercemar, berikut ini beberapa tips yang bisa anda pelajari.

Air berwarna keruh

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kualitas air yang baik adalah dari warnanya. Iniadalah cara termudah dan paling mudah dilihat. Air yang keruh tentu bukan pilihan yang baik untuk dikonsumsi. Setidaknya, air yang jernih secara kasat mata lebih meyakinkan dan terhindar dari senyawa yang membuatnya kotor dan bisa membuat sakit ketika dikonsumsi.

Bau klorin

Air minum seharusnya tidak berbau sama sekali, namun jika air minum Anda mulai berbau seperti kolam renang atau Kaporit mungkin ada sesuatu yang salah di dalamnya. Sementara fasilitas pengelolaan air umum biasanya menambahkan sejumlah klorin untuk membunuh bakteri, Namun seharusnya tidak ada cukup klorinuntuk menimbulkan bau.

Berwarna

Air yang diminum harusnya Jernih, namun jika Anda melihat warna tertentu pada air sebaiknya hentikan untuk diminum. Perubahan warna yang paling sering adalah coklat atau orange, hal ini sering dikarenakan tanda kelebihan zat besi atau mangan di dalam air. ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yang paling umum adalah penambangan atau Penggalian di dekat sumber air. Atau juga bisa penyebab lainnya adalah pipa air tua yang sudah berkarat dan terkontaminasi.

Bau belerang

Jika air anda berbau seperti telur busuk secara alami terjadi karena proses di dalam tanah. Dan sementara beberapa jumlah belerang normal dalam air minum seharusnya tidak terlalu banyak, sehingga tidakmenimbulkan bau yang tidak sedap. Namun jika berbau,Hal ini disebabkan karena tingkat sulfur yang tinggi dan dapat menyebabkan gangguan usus dan dehidrasi.

Kerusakan Pipa

Ketika pipa memburuk dan berkarat, beberapa bahan kimia dan elemen dari Pipa dapat meresap ke dalam air dan mempengaruhi kualitas dan keamanannya. Maka dari itu segeralah direnovasi atau diganti yang baru.

Masalah lingkungan

Jika Anda memiliki masalah lingkungan di rumah Anda atau tetangga. Sebaiknya anda waspada karena jika pipa mereka memburuk dan menyebabkan masalah dengan air minum,kemungkinan Pipa Anda bisa terkontaminasi.

Gejala fisik

Yang satu ini jangan diabaikan karena gejala fisik sering menunjukkan bahwa Anda telah terpapar air minum yang terkontaminasi selama beberapa waktu. gejala fisik yang dikombinasikan dengan Tanda-tanda lain juga harus menjadi bukti yang cukup untuk dibawa ke dokter, sehingga dokter akan melakukan tes darah denganbahan kimia yang berbeda. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar