Iklan Banner Sukun
Ragam

7 Cara Ampuh Sembuhkan Sariawan

Ilustrasi sariawan di mulut. (Sumber foto : instagram/apriliakartikadentalcare)

Surabaya (beritajatim.com) – Meski bukan kategori penyakit serius. Sariawan cukup mengganggu, terlebih saat kita makan atau berbicara.

Orang yang sedang menderita sariawan, biasanya memilih untuk lebih banyak diam. Sariawan bisa berada dimana saja di area dalam mulut. Terkadang ia bisa terjadi di gusi, lidah hingga dinding mulut.

Untuk mengatasi masalah sariawan ini, ada beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan. Berikut caranya:

Es Batu

Dingin dari es batu bisa membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak yang diakibatkan oleh sariawan.

Caranya cukup mudah, anda cukup meletakkan bongkahan es batu di mulut anda lalu biarkan ia meleleh menyentuh area sariawan.

Ingat jangan langsung menempelkan es batu ke luka sariawan, sebab bisa memicu kondisi yang lebih buruk.

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengompresnya. Balut es batu dengan kain lembut, lalu kompres perlahan di area yang sariawan.

Kelapa

Kelapa memang terkenal kaya akan manfaat nya. Hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini memiliki nilai guna. Untuk menyembuhkan luka sariawanmu, ada kamu juga bisa memanfaatkan buah satu ini.

Cara termudah adalah dengan meminum air kelapa, sebab air kelapa membantu mengatasi dehidrasi dalam tubuh yang menyebabkan luka sariawan makin membaik.

Namun, anda juga bisa menggunakan cara lain, seperti: berkumur dengan santan kelapa segar, 3-4 kali sehari.

Minyak kelapa juga dipercaya ampuh dalam menyembuhkan sariawan, sebab minyak kelapa mengandung senyawa anti bakteri yang bisa melawan bakteri penyebab sariawan. Minyak kelapa akan berguna untuk mengurangi kemerahan dan nyeri yang ditimbulkan sariawan. Hal ini tidak terlepas dari senyawa antiinflamasi yang terkandung di dalamnya.

Kantong Teh

Jika anda sedang sariawan dan mempunyai kantong teh bekas, anda bisa memanfaatkannya sebagai obat sariawan. Caranya, cukup mengompres kantung teh yang basah ke area sariawan. Mengompres sariawan dengan kantong teh, bisa menetralisir keasaman di rongga mulut, dan luka sariawan andan akan berangsur membaik.

Kumur dengan garam

Cara ini mungkin sudah familiar, kandungan yang ada dalam garam bisa membatasi pertumbuhan bakteri di mulut. Cara kerjanya adalah dengan menyerap kelembaban mulut, mengembalikan keseimbangan PH, dan mengurangi peradangan.

Madu

Cara ampuh lain untuk menyembuhkan sariawan adalah mengoleskannya dengan madu. Madu memiliki anti bakteri dan anti inflamasi yang efektif mengurangi nyeri, ukuran, hingga kemerahan pada sariawan.

Yogurt

Dengan mengonsumsi yogurt, kamu bisa menjaga keseimbangan bakteri di mulut. Kandungan bakteri Lactobacillus dan Acidophilus dalam yogurt bisa menekan pertumbuhan bakteri jahat. Yogurt juga bisa sebagai cara untuk mencegah timbulnya sariawan baru. Kamu cukup mengonsumsi yogurt dingin sekali dalam sehari, bisa dengan dicampuri buah-buahan yang segar.

Daun biji

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sariawan adalah berkumur dengan rebusan daun jambu biji. Sebuah penelitian dari Filipina menyebutkan, bahwa obat kumur dari larutan daun jambu biji bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Diantaranya, membuat ukuran sariawan mengecil dengan cepat.

Itulah beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sariawan di mulut kamu. (Jhn/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev