Iklan Banner Sukun
Ragam

6 Konglomerat di Indonesia, Lebih dari Crazy Rich, Kekayaannya Bikin Melongo!

Chairul Tanjung dan anaknya yang menyandang gelar konglomerat terkaya di Indonesia. (Foto : Instagram @putri_tanjung)

Surabaya (beritajatim.com) – Julukan Crazy Rich memang sedang menjadi perbincangan di kalangan para selebriti dan influencer. Netizen terkagum-kagum dengan harta dan aset yang mereka miliki.

Seperti Indra Kenz, Crazy Rich asal Medan yang nyatanya ditetapkan sebagai kasus binary option. Atau ada juga pemilik dari brand skincare Ms. Glow, Shandy Purnamasari dan sang suami Gilang Widya Permana yang mulai dipertanyakan karena hartanya yang melimpah dalam waktu sekejap.

Faktanya, di atas sosok-sosok Crazy Rich tersebut, masih ada sederet orang terkaya di Indonesia yang jumlah kekayaannya bisa dibilang tidak akan habis. Namun bedanya, para konglomerat ini tidak mengumbarkan kekayaan di media sosial sehingga tak banyak yang mengetahui mereka.

Siapakah nama-nama tersebut? Intip daftar orang terkaya di Indonesia menurut majalah Forbes ini!

1. Hartono Bersaudara

Menduduki posisi pertama, ada Hartono bersaudara, yakni Robert Budi Hartono dan Michael Hartono. Mereka dikenal sebagai pemilik dari Grup Djarum, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Selain itu, mereka juga merupakan pemegang elektronik Polytron dan real estate utama di Jakarta. Namun sekalipun begitu mereka tidak pernah memamerkan kekayaan ke publik.

Dengan berbagai bisnis yang dijalankan, tercatat total kekayaan bersih keduanya mencapai RP611,4 triliun. Tak heran jika mereka dijuluki orang terkaya se-Indonesia.

2. Keluarga Widjaja

Keluarga Eka Tjipta Widjaja merupakan pemilik dari Sinar Mas Group, yang mana bisnisnya telah merambah ke berbagai sektor. Seperti agribisnis, property, hingga jasa keuangan.

Eka Widjaja sendiri telah wafat pada Januari 2019 di usia 98 tahun, sehingga seluruh hartanya diwariskan pada keluarga. Hingga saat ini, kekayaan keluarga Eka Widjaja mencapai RP139,4 triliun.

3. Anthony Salim

Pemilik dari Salim Group ini menanungi banyak perusahaan besar di Indonesia. Seperti PT Indofood Sukses Makmur dan PT Bogasari Flour Mills. Menduduki posisi ketiga, kekayaan pria beruia 72 tahun ini mengalami peningkatan 44 persen, yakni menjadi Rp122,16 triliun.

4. Sri Prakash Lohia

Pengusaha satu ini lahir di Kolkata, India. Yap, ia memang berasal dari India dan memutuskan untuk merantau ke Indonesia di usianya yang masih 21 tahun kala itu.

Kerja kerasnya selama puluhan tahun membuat ia berhasil mendirikan Indorama Corp, perusahaan yang bergerak di bidang tekstil dan kimia. Total kekayaan Sri Pakash Lohia ini mencapai RP89,1 triliun.

5. Prajogo Pangestu

Pria asal Kalimantan ini adalah pemegang saham mayoritas dari perusahaan energi dan petrokimia PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yakni sebesar 71,64 persen saham. Sementara itu, BRPT merupakan pemegang saham mayoritas emiten petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), yakni sebesar 41,88 persen saham. Tercatat jumlah kekayaan bapak dari tiga anak ini mencapai Rp87,67 triliun.

Baca Juga:

    6. Chairul Tanjung

    Kalian mungkin sudah tidak asing dengan nama satu ini, terutama anak perempuannya bernama Putri Tanjung yang juga menginspirasi. Dijuluki sebagai “anak singkong”, Chairul Tanjung merupakan pemilik dari CT Corp, sebuah korporasi dengan banyak anak perusahaan. Diantaranya adalah PT Trans Media Corp, PT Mega Corpora, dan masih banyak lagi.

    Meski melewati banyak lika-liku dan jatuh bangun, Chairul kini menduduki posisi keenam orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan Rp79,04 triliun.

    Nama-nama di atas memang tidak patut dijuluki sebagai Crazy Rich, karena kekayaannya yang melebihi para Crazy Rich. Terbukti bahwa di atas langit tentu masih ada langit lagi. (mnd/ian)


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar