Iklan Banner Sukun
Ragam

6 Kebiasaan Kecil Untuk Meningkatkan Kesehatan, Nomor 2 Paling Mudah

Ilustrasi makanan untuk meningkatkan kesehatan (Vitalli, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam beberapa kondisi terkadang seseorang abai akan kondisi kesehatan. Padahal kesehatan merupakan hal yang paling pertama untuk mendukung performa seseorang. Abai pada kesehatan berarti satu langkah lebih dekat untuk seseorang lebih rentan pada penyakit.

Oleh karena itu penting untuk menerapkan kebiasan kecil dan sederhana tapi berdampak besar meningkatkan kesehatan. Berikut ini 6 kebiasaan kecil yang harusnya diterapkan untuk menunjang kesehatan.

1. Geser bokong ke belakang kursi saat duduk.

Dalam beberapa keadaan posisi duduk seringkali menjadi rutinitas harian. Baik itu saat kuliah, kerja, atau nongkrong bersama kawan, pasti Anda banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Dengan menggeser bokong ke belakang, Anda sebenarnya sudah memastikan jika postur duduk itu tegak dan benar.

2. Minum 1 gelas air mineral tepat ketika bangun tidur

Ketika seseorang dalam posisi tidur, tubuh sejatinya baru saja puasa minum air selama 6 – 8 jam dan berada pada tahap dehidrasi. Minumlah minimal segelas air mineral untuk menghidrasi tubuh.

3. Sebaiknya hindari minum kopi setelah pukul 4 sore.

Kafein memiliki efek sekitar 5-7 jam setelah dikonsumsi. Minum kopi setelah jam 4 sore akan membuat Anda kesulitan mengantuk di malam hari saat seharusnya Anda tertidur.

4. 10 Menit olahraga per hari.

Anda sejatinya tidak harus mulai olahraga dengan durasi yang panjang. Cukup 10 menit per hari sudah memenuhi jika Anda baru memulai. Lakukan olahraga menjadi sesuatu yang mudah untuk dan menjadi rutinitas.

5. Kurangi mengkonsumsi makanan yang berada dalam kemasan

Snack, makanan instan, permen, junk food, dan masih banyak lagi. Sebaiknya Anda harus memulai konsumsi makanan -makanan yang lebih murni (Whole Food). Atau bisa saja sekalian belajar masak sendiri. Karena itu lebih sehat dan lebih murah.

6. Beristirahatlah dari duduk

Terlalu banyak duduk juga tidak baik bagi kesehatan. Duduk lebih dari 4 jam
bisa mengganggu aliran darah ke otak. Cobalah berdiri dan berjalan – jalan setiap 30 menit
Anda duduk.

Beberapa hal kecil itu jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan bermakna besar. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar