Iklan Banner Sukun
Ragam

6 Hal yang Harus Dihindari Saat Cari Kerja, Nomor 3 Sering Dilakukan

Ilustrasi mencari kerja (Marten, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mencari kerja tentu bukan perkara yang mudah.. Karena, ada banyak pelamar yang tengah mencari kerja. Apalagi untuk ukuran lulusan SMA atau SMK, kompetitor pencari kerja juga begitu banyak. Mencari pekerjaan tanpa hasil bisa membuat putus asa.

Meski demikian, sejatinya masih banyak lapangan kerja. Baik itu membutuhkan lulusan SMA/SMK maupun Sarjana. Oleh sebab itu, pergunakan segala waktu dan tenaga Anda untuk mencari kerja yang sesuai dengan keahlian.

Tapi, selama mencari kerja, sebisa mungkin hindari melakukan hal-hal ini jika tak ingin kecewa atau hanya berujung pada kesia-siaan. Karena terkadang kandidat sempurna pun kadang secara tidak sadar, membuat beberapa kesalahan saat mencari pekerjaan.


Melamar Setiap Lowongan Pekerjaan

Luangkan waktu untuk menilai pekerjaan yang cocok, ajukan jika memang Anda benar-benar tertarik. Namun, jika tidak sebaiknya Anda jangan coba-coba. Hal ini bisa membuat citra Anda buruk bagi para HRD.

Selain itu, Anda secara tidak sadar membuang waktu untuk hal yang kurang berguna. Daripada mencoba-coba lebih baik fokuskan pada satu yang serius.

Mengabaikan Jaringan

Tetaplah berkomunikasi dengan teman, atau kolega untuk membantu mencari info pekerjaan. Tanpa sadar, terkadang pekerjaan datang dari sekitar. Menjaga jaringan pertemanan memang sangat penting. Bahkan bisa berpengaruh bagi peluang karir Anda.

Memakai Format Resume atau CV yang Sudah Usang

CV yang ketinggalan zaman membuat orang lain berpandang jika Anda bukan orang yang kompeten dan serius. Buatlah CV yang menarik, disertai poin ringkasan yang selaras dengan lowongan pekerjaan.

Tidak Membuat Surat Lamaran

Surat lamaran dibuat dengan menceritakan alasan mengapa Anda cocok pada pekerjaan tersebut. Surat lamaran akan menjadi faktor penting agar HRD tertarik untuk merekrut Anda..

Tidak Mempersiapkan Wawancara

Sebelum wawancara sebaiknya Anda sudah matang dengan persiapan. Pelajari pekerjaan dan organisasi, kenali diri sendiri, dan tunjukan pencapaian Anda dengan percaya diri. Tujuannya agar HRD semakin tertarik pada Anda.

Menyampaikan Persona Tidak Konsisten

Anda harus konsisten membangun citra di publik. Termasuk saat menyusun citra di media sosial. Rajinlah meninjau akun media sosial dan gunakan akun email yang umum saat melamar pekerjaan.

Hindari beberapa hal itu agar Anda bisa mudah mendapat pekerjaan yang sesuai minat dan passion. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar