Iklan Banner Sukun
Ragam

6 Fakta Unik Gajah, Dari Pakai Lumpur sebagai Sunscreen sampai Pintar Matematika

Gajah yang memiliki berbagai fakta unik. (Adriaan Greyling/pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Perlu diketahui, hari ini tepatnya tanggal 12 Agustus ditetapkan sebagai Hari Gajah Sedunia. Peringatan ini dimulai pada tahun 2011 oleh pembuat film di Kanada, yakni Patricia Sims, Michael Clark, dan Sivaporn Dardarananda.

Tak lain dan tak bukan, tujuannya tentu saja untuk menyebarkan mengenai perlindungan dan pelestarian gajah di dunia, mengingat banyaknya perburuan gajah yang menyebabkan mamalia satu ini lambat laun akan punah. Hari Gajah Sedunia ini juga mendapat dukungan dari Yayasan Pelepasliaran Gajah pada 12 Agustus 2012 lalu.

Gajah memang dikenal sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan, dan ternyata, gajah memiliki 6 fakta yang mencengangkan loh! Apa saja? Berikut 6 fakta unik tentang gajah!


1. Gading gajah adalah gigi seri

Bagian tubuh gajah yang paling unik sekaligus menjadi incaran oleh pemburu adalah gadingnya. Besar menjulai dan tajam, tak banyak orang tahu bahwa gading gajah ini ternyata merupakan gigi seri dari gajah. Gading gajah akan tumbuh memanjang dari dalam rahang atas, seperti gigi pada umumnya, dengan ukuran dan berat yang beragam.

Bedanya, fungsi dari gigi hewan satu ini tidak hanya untuk makan, namun bisa melakukan berbagai aktivitas. Seperti menggali lubang, mengupas kulit pohon, hingga menjadi senjata ketika berkelahi.

2. Belalai dan ribuan ototnya

Selain gading, gajah juga terkenal akan belalainya. Memiliki sekitar 150.000 unit otot, belalai gajahmenjadi organ tubuh yang paling sensitif diantara mamalia manapun. Kalian pasti sudah sering mlihat gajah beraktivitas dengan belalainya, seperti mengambil makanan, mengangkat batang pohon, atau menyedot air untuk minum hingga 8 liter banyaknya. Selain itu, belalai gajah juga berfungsi sebagai alat snorkel saat berenang.

3. Sunscreen untuk gajah

Bukan hal yang menherankan jika gajah seringkali terlihat tengah mandi lumpur, ternyata ada manfaat dibaliknya loh! Lumpur yang membalur tubuh gajah itu berfungsi sebagai tabir surya atau sunscreen mereka.

Dari luar kulit gajah memang terlihat kuat dank eras, faktanya kulit mereka sangat sensitif dan bisa terbakar sinar matahari. Itulah mengapa mereka senang sekali berguling-guling di lumpur. Selain itu, berendam di sungai menjadi tempat “spa” yang mendinginkan tubuh mereka.

4. Hewan yang peka dan suka bersosialisasi

Gajah tak bisa hidup sendiri dan akan selalu bergerombol bersama kawanannya. Terkadang mereka juga berpelukan dengan membungkus belalainya. Selain itu, gajah juga tergolong sebagai hewan yang peka serta memiliki rasa peduli besar. Jika ada salah satu diantara kawanan yang terjebak atau terluka, mereka akan berusaha menolong atau setdaknya menemani hingga pertolongan dari manusia datang.

5. Pintar matematika

Tidak kalah dari manusia, gajah ternyata juga memiliki kemampuan di bidang matematika lho! Ini dibuktikan oleh para peneliti Jepang yang melatih gajah Asia menggunakan panel layar sentuh komputer. Ketika disuguhi jumlah yang berbeda, satu dari tiga gajah mampu memilih panel dengan lebih banyak buah.

Tetapi, kemampuan ini hanya dimiliki oleh gajah Asia. . Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rata-rata EQ adalah 2,14 untuk gajah Asia, dan 1,67 untuk gajah Afrika.

6. Daya ingat kuat

Selain ahli matematika, gajah juga terbilang sangat cerdas dan memiliki daya ingat yang kuat. Carol Buckley dari The Elephant Sanctuary di Hohenwald mengatakan bahwa gajah adalah hewan yang tidak pernah melupakan wajah seseorang atau bahkan hewan lainnya.

Para peneliti yang mempelajari gajah Afrika di alam liar juga mengetahui bahwa gajah betina yang lebih tua sering kali mejadi pemimpin dalam kawanan. Sang betina ini membangun ingatan yang kuat dari waktu ke waktu yang memungkinkan mereka mengingat teman dan musuh.

Mereka juga dapat mengingat tempat-tempat di mana kawanan telah menemukan makanan dan air di masa lalu. Para peneliti percaya ingatan baik gajah adalah bagian besar dari bagaimana gajah dapat bertahan hidup bahkan memiliki umur yang panjang, rata-rata bisa mencapai 50 hingga 60 tahun atau lebih.

Itulah 6 fakta unik gajah yang masih jarang diketahui. Sayang sekali sampai saat ini perburuan gajah masih sangat marak, yang bisa kita lakukan hanyalah terus menyebarkan peringatan untuk melindungi gajah. Karena jika dibiarkan, lama kelamaan kita akan kehilangan gajah seperti hewan-hewan lain yang terlebih dulu punah. (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar