Iklan Banner Sukun
Ragam

6 Ajaran Fengshui dalam Rumah yang Bisa Membawa Keberuntungan

Skitterphoto, pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam pemilihan arsitektur dan desain interior, beberapa orang masih mengandalkan fengshui. Ini adalah ilmu topografi kuni dari China yang menekankan keseimbangan dan keselarasan antara manusia dan lingkungan sekitarnya. Feng artinya angin dan sui berarti air, dua hal ini menggambarkan kebutuhan utama manusia.

Terdapat pula lima elemen yang mempresentasikan berbagai energy dalam kehidupan, diantaranya adalah kayu, api, tanah, air, dan logam. Dengan kombinasi yang tepat, semua elemen ini dapat membentuk suatu energy positif dan siklus produktif. Dan kebalikannya, apabila tidak seimbang maka akan ada satu elemen yang mengendalikan elemen lain dengan sifat yang merusak.

Kombinasi elemen yang tepat ini bisa diatur melalui penataan objek yang ada di dalam rumah, dan unsur-unsur lain yang bisa ditambahkan. Beberapa meyakini bahwa penerapan fengshui di rumah dapat membawa dampak positif pada kehidupan, seperti melancarkan rezeki, membuat keluarga yang menempatinya menjadi lebih harmonis, bahagia, dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini adalah tips fengshui yang bisa kalian coba terapkan di rumah.

 

1. Posisi pintu

Karena dianggap sebagai gerbang masuknya chi atau energy positif, posisi pintu menjadi hal yang perlu diatur sedemikian rupa. Dimulai dari ukurannya yang proporsional, tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar. Lalu hindari pintu depan yang berhadapan langsung dengan pintu belakang, hal ini agar energi baik dan rezeki yang masuk tidak langsung keluar lewat pintu belakang. Usahakan agar pintu terbuka ke dalam, karena menurut kepercayaan, akan membawa keberuntungan dan rezeki masuk ke dalam rumah.

 

2. Air

Salah satu elemen yang bisa dilambangkan sebagai kelancaran rezeki adalah elemen air. Kalian bisa membangun aquarium atau hiasan berupa air yang mengalir di tengah ruangan. Selain bisa membawa keberuntungan, sentuhan natural ini juga bisa memberikan ketenangan karena ada gemericik air di rumah. Meski begitu, penempatan elemen aliran air ini juga perlu di perhatikan, seperti ahli fengshui yang menyarankan agar diletakkan kea rah timur atau utara rumah. Bisa juga di bagian depan rumah dekat pintu utama agar melancarkan energi Chi.

 

3. Cermin

Kaca bisa mendatangkan cahaya dan suasana bahagia di rumah, selain itu diyakini pula sebagai pemancar energi positif. Itu lah mengapa sangat disarankan untuk memasang cermin di beberapa ruangan yang banyak aktivitas, seperti di ruang keluarga atau kamar tidur. Di luar itu, kaca bisa membuat ruangan lebih dekoratif dari segi interior. Seperti membuat ruangan lebih luas, ruangan menjadi banyak cahaya sehingga lebih sehat dan hemat listrik di siang hari.

 

4. Kamar Mandi

Beberapa ajaran fengshui mengatakan bahwa kamar mandi adalah ruangan yang membawa energi negatif. Sehingga, sangat tidak disarankan untuk diletakkan di dekat kamar tidur, dapur, dan tempat ibadah. Ruangan yang memiliki aura positif, apabila diletakkan berhadapan dengan kamar mandi, maka energi negatifnya bisa menutup energi positif yang sebenarnya. Ini tentu saja akan berpengaruh pada hoki di dalam rumah.

 

5. Tangga

Bagi kalian yang memiliki rumah bertingkat, tangga ternyata juga menjadi elemen yang diatur dalam fengshui. Hindari meletakkan tangga di tengah ruangan, karena ini akan berpengaruh pada keseimbangan energi dalam rumah. Selain itu, tangga juga dilarang menghadap langsung ke pintu utama, sebab akan mengganggu keharmonisan energi tersebut. Hindari pula bentuk tangga dengan sudut yang tajam, selain disebut sebagai panah gelap, sudut tajam juga akan membawa bahaya karena dapat melukai.

 

6. Ruangan terbuka

Rumah yang memiliki desain terbuka diyakini bisa memperlancar alur keluar – masu rezeki. Tak hanya itu, usahakan untuk memiliki konsep yang minimalis dengan perabotan yang tidak telalu banyak. Furnitur yang memenuhi ruangan bisa membuat sumpek dan akan menghalangi keberuntungan. Selain itu, ruangan terbuka yang luas akan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk kesehatan penghuninya.

Meskipun tidak semuanya percaya, namun panduan dan ajaran yang diberikan fengshui bisa menjadi pertimbangankalian saat akanmembangun dan menata rumah. Pahami setiap ajaran yang diberikan karena pasti ada alasan logis dibaliknya. Dan yang paling penting adalah memiliki pikiran yang positif, karena aura positif dari penghuni rumah juga akan berpengaruh pada tempat tinggalnya. [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar