Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Tips Saat Camping di Gunung Salak, Lakukan Jika Ingin Selamat dan Bebas Gangguan

Pemandangan indah saat melakukan camping ground di pasir bunting, yang terletak di Gunung Salak, Bogor. (Sumber foto: instagram @gnsalak_adventure)

Surabaya (beritajatim.com) – Berani melakukan kegiatan camping Gunung Salak? Salah satu gunung yang terletak di Jawa Barat ini memang populer dengan kisah mistis, sehingga jarang ada orang yang berani mendaki maupun untuk sekedar melakukan aktifitas camping.

Apalagi Anda adalah seorang pemula, yang belum memahami aturan dan etika saat melakukan kegiatan camping. Jadi jangan sembarangan saat beraktifitas di alam bebas seperti di gunung, yang tidak banyak dihuni oleh penduduk.

Bermalam di gunung memang memiliki kesan tersendiri, lantaran Anda dapat melihat pemandangan indah dari atas gunung yang menakjubkan dengan mata telanjang. Nah agar Anda terhindar dari risiko yang tidak diinginkan saat melakukan camping, berikut tips camping di Gunung Salak dan patuhi aturan yang berlaku di tempat tersebut.

1. Kenali Perbedaan Camping dan Pendakian
Meskipun terkesan sederhana, namun kegiatan camping dan mendaki adalah dua hal yang berbeda. Jika camping adalah bermalam di gunung dengan mendirikan tenda dan melakukan kegiatan alam lainnya, namun jika mendaki bisa bermalam di basecamp pendakian untuk beristirahat sebelum menuju puncak gunung.

Selain itu kenali istilah seperti shelter, porter, hiking, pos, dan masih banyak lainnya. Pasalnya, hal ini bertujuan agar saat di gunung Anda tidak merasa bingung dengan istilah tersebut.

2. Periksa Ramalan Cuaca
Cuaca belakangan ini memang tidak dapat diprediksi secara pasti, kadang turun hujan, lalu tiba – tiba panas. Nah untuk meminimalisir perubahan cuaca ini, Anda bisa memeriksa ramalan cuaca dan menyiapkan beberapa benda. Diantaranya seperti membawa pakaian tahan air, membawa obat nyamuk, baju hangat, dan bisa juga membawa topi maupun payung.

3. Pilih Teman Camping
Perlu diketahui jangan pernah melakukan camping sendirian, apalagi Anda adalah seorang pemula sebab hal ini cukup berbahaya. Standar melakukan camping di gunung adalah 3 orang, lebih baik diantara kalian ada yang pernah berkemah di gunung.

4. Membawa Obat – Obatan
Selain menyiapkan makanan, Anda juga wajib membawa obat – obatan sebagai pertolongan pertama, jika sewaktu – waktu teman Anda maupun diri sendiri mengalami kecelakaan saat berkemah.

5. Periksa dan Patuhi Tata Krama di Gunung Salak
Saat camping gunung salak jangan berbicara maupun tertawa terlalu keras, selain mengganggu kenyamanan dari pendaki lain, hal ini juga tidak baik dilakukan lantaran gunung notabenenya adalah hutan.

Karena Anda akan berkemah di gunung, maka perhatikan saat mendirikan tenda, usahakan jangan mendirikan di jalur pendakian, jangan berada tepat di atas pohon besar, dan jangan sembarangan saat mengaitkan tali tenda agar pendaki yang melintasi tidak tersandung atau jatuh.

Camping gunung salak memang kegiatan yang seru, namun agar merasa nyaman saat bermalam patuhi dan pahami tips yang sudah dijelaskan di atas tadi. (frs/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar