Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Tips Perbaiki Hubungan dengan Sahabat Usai Bertengkar, Dijamin Manjur

(Foto: Womanizer Toys, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Bertengkar dengan sahabat sebenarnya merupakan hal yang wajar, dan mungkin akan sering dialami. Meski begitu dekat, terkadang hubungan Anda dengan sahabat akan renggang akibat berbagai masalah.

Hal sederhana seperti perbedaan pendapat, argumen yang tidak sejalan bisa memicu terjadi pertengkaran dengan sahabat. Jika Anda bertengkar dengan sahabat, mungkin 5 hal berikut bisa jadi solusi untuk perbaiki hubungan.

Pertama, meminta maaf

Permintaan maaf yang sederhana dapat meluluhkan hati dan membuat hubungan Anda dengan sahabat akan baik kembali. Tidak perlu gengsi untuk meminta maaf dahulu pada sahabat.

Sebab terkadang orang lain merasa kita yang salah dalam pertengkaran yang terjadi. Lakukan permintaan maaf dengan tulus, meski pada akhirnya akan terjadi pertengkaran lagi kelak.

Kedua, memulai percakapan

Anda bisa menanyakan tentang apapun yang menurut Anda bisa membuat dia berbicara. Membuka pembicaraan dengan sahabat berarti mendekatkan kembali hubungan Anda yang sempat bermasalah karena pertengkaran.

Coba buka percakapan misalnya dengan mengenang betapa sahabat penting bagi Anda. Lalu tetapkan hatinya untuk menyelesaikan pertengkaran itu. Ingatkan juga sahabat Anda tentang kenangan berharga yang telah kalian lalui bersama.

Ketiga, sabar

Jika sahabat Anda membentak karena mengajak dia berbicara maka bersabarlah.

Dengarkan apa yang membuat dia marah, lalu coba tenangkan suasana dengan sikap sabar Anda. Ketika bertengkar harus ada satu pihak yang berkepala dingin dan mengalah, tujuannya agar pertengkaran tidak semakin menjadi hingga hubungan persahabat Anda jadi makin runyam.

Keempat, Jangan bicarakan pertengkaran pada orang lain

Ketika Anda bertengkar dengan sahabat, terkadang merasa “ingin membicarakan dengan orang lain, seperti pasangan atau teman lain. Namun, sebaiknya kita tidak melakukan hal itu. Pasalnya, bisa jadi hubungan Anda dan sahabat terasa aneh dan canggung. Apalagi, jika sahabat Anda tahu bahwa Anda telah membicarakan masalah tersebut dengan orang lain.

Kelima, beri kejutan

Anda juga bisa memulainya dengan memberi kejutan pada sahabat. Membelikan atau membuatkan sesuatu yang disukai sahabatmu. Ini akan mengembalikan mood mereka, sehingga bisa memaafkan Anda.

Sahabat itu penting dan berarti dalam hidup, sebaiknya segera selesaikan masalah Anda dengan sahabat agar tidak berlarut. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar