Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Tips Mengingat Isi Buku yang Pernah Dibaca

(Foto: Sincerely Media, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Membaca buku bagi sebagian orang merupakan hobi harian yang seru dan sayang untuk dilewatkan. Hobi membaca buku memang punya banyak dampak baik. Selain menambah wawasan pengetahuan juga bisa memperkaya pola pikir.

Namun terkadang membaca buku saja akan sulit diingat dari segi isi. Saat membaca buku perlu melakukan beberapa hal agar bisa terus ingat juga bisa memetik manfaat darinya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar mudah ingat isi dari buku yang pernah dibaca.

Visualisasikan yang buku yang dibaca

Biar baca buku tidak mudah lupa, langkah pertama Anda harus lebih banyak membuat visual di otak. Ini juga bisa membantu Anda bisa lebih mudah ingat secara detail apa isi dari buku yang dibaca.

Memvisualisasikan akan lebih mudah jika Anda membaca novel dengan cerita yang Anda suka. Atau membaca buku pengetahuan yang memang menjadi hobi Anda.

Ceritakan pada orang lain dan ajak untuk berdiskusi

Jika Anda memiliki teman yang sefrekuensi soal buku, bisa ajak dia untuk membuat grup diskusi buku. Anda bisa menceritakan kembali isi dari buku yang telah dibaca lalu menyebutkan bagian yang paling disuka. Dengan menceritakan kembali isi buku, tentunya akan semakin lekat di ingatan.

Tulis catatan bagian yang penting dan berkesan

Saat membaca buku Anda pasti menemukan bagian yang penting dan sangat berkesan. Pada bagian itu Anda bisa membuat catatan kecil, Anda juga bisa membuat catatan dengan sticky notes agar tidak mengotori buku.

Namun, bagi Anda yang lebih senang menulis langsung pada buku juga tidak jadi masalah. Hal ini akan membantu Anda lebih mudah ingat dari isi buku.

Cari tahu lebih banyak tentang buku dan penulisnya

Agar semakin mudah ingat apa yang Anda baca, bisa cari tahu tentang bukunya, penulisnya, hingga proses penyusunan buku. Dengan jalan ini Anda juga memperluas cakupan pengetahuan tentang buku dan akan lebih mudah mengingatnya.

Sebagai penggemar buku, beberapa hal itu mesti Anda coba lakukan agar tidak membaca sia-sia. Sebab, saat membaca memang penting mengambil makna dari bacaan. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan