Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Tips Mengatasi Darah Rendah, Salah Satunya dengan Perhatikan Posisi Tubuh

Ilustrasi orang sakit kepala karena kekurangan darah. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Pernah mengalami mata berkunang-kunang setelah duduk atau berbaring? Lemas, pusing, atau mungkin juga sakit kepala? Bisa jadi karena kamu mengalami darah rendah.

Darah rendah merupakan kondisi di mana tekanan darah berada di bawah batas normal. Hal ini selain membuat tidak nyaman, juga dapat menganggu aktivitas. Terlebih jika berlangsung berturut-turut atau terlalu sering.

Maka untuk menghindari hal tersebut, para penderita darah rendah bisa mengatasinya dengan tips-tips seperti berikut ini;

Perhatikan posisi tubuh

Posisi tubuh nyatanya dapat mempengaruhi penderita darah rendah. Biasanya hal ini disebabkan oleh perubahan posisi yang terlalu mendadak. Maka dari itu, mulai sekarang perhatikan posisi tubuh.

Misal saat bangun tidur, berbaringlah terlebih dahulu beberapa menit, kemudian duduk dan berdiri secara bertahap. Jika hal saat beraktivitas gejala darah rendah muncul, maka coba silangkan paha atau angkat kaki secara perlahan.

Gunakan stoking kompresi

Stoking yang dimaksud berbeda dengan stoking yang kerap digunakan sebagai pelengkap outfit para wanita. Stoking kompresi didesain khusus untuk mencegah berkumpulnya darah di bagian kaki.

Tak ayal jika penderita darah rendah bisa menggunakan stoking ini untuk mengatasi gejala-gejala yang dirasakan, terlebih akibat dari perubahan posisi secara tiba-tiba.

Konsumsi makanan/minumam mengandung gula

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula nyatanya dapat meningkatkan tekanan darah. Tak ayal bagi penderita darah rendah, bisa menggunakan cara ini untuk mengatasinya.

Meski begitu, tetap ingat agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Alih-alih untuk mengatasi darah rendah, yang ada justru datang jenis penyakit lainnya.

Konsumsi jahe

Mungkin tak banyak orang tahu bahwa konsumsi jahe bisa digunakan untuk mengatasi darah rendah. Bahkan orang yang rutin mengonsumsi jahe, memiliki risiko lebih rendah dalam tekanan darah.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan membersihkan jahe terlebih dahulu. Bisa dibakar atau langsung digeprek. Kemudian diseduh dengan air panas. Setelah itu, minum selagi masih hangat.

Konsumsi obat peningkat tekanan darah

Obat-obat peningkat tekanan darah sebenarnya mudah didapatkan di toko atau apotek terdekat. Namun, agar tidak salah penggunaan dosisnya, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar