Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Reading Skill Dengan Benar dan Mudah

Ilustrasi reading skill untuk memperbanyak kosa kata dengan menandai melalui stabillo. (Sumber foto: pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebelum belajar reading skill, Anda terlebih dahulu harus menguasai vocab. Lantaran vocabulary adalah hal terpenting agar bisa cepat menguasai bahasa inggris. Semakin banyak vocab yang Anda kuasai, maka semakin cepat bahasa inggris yang akan Anda pahami.

Saat mempelajari vocabulary, tentunya Anda harus rajin membaca dengan baik dan benar. Oleh karena itu, berikut beberapa tips belajar bahasa inggris reading skill dengan benar.

1. Perbanyak membaca
Hal yang utama untuk meningkatkan reading kill adalah menguasi reading comprehension atau perbanyak membaca jenis teks bahasa inggris. Cara ini akan membuat Anda menjadi terbiasa atau familiar, selain itu Anda juga dapat meningkatkan kemampuan dalam memahami isi bacaan.


Tidak perlu membaca atau memahami teks bahasa inggris yang berat terlebih dahulu. Untuk pemula cukup membaca sebuah buku yang Anda suka, seperti buku novel, artikel, dongeng maupun lainnya. Hal ini bisa membuat Anda merasa lebih nyaman saat belajar bahasa inggris.

2. Perkaya pengetahuan kosa kata bahasa inggris
Selanjutnya, agar kegiatan membaca memiliki kemajuan. Tentunya Anda harus memperkaya kosa kata bahasa. Hal ini untuk meminimalisir resiko tidak tahu arti kata saat mengerjakan soal reading comprehension.

Selain itu, saat Anda mengerjakan latihan soal bahasa inggris, Anda bisa menandai kata-kata sulit agar bisa memahami lagi saat bertemu dengan kata-kata tersebut di lain hari.

3. Pahami tata bahasa inggris
Tips belajar bahasa inggris selanjutnya adalah harus memahami grammar atau tata bahasa inggris. Untuk pemula, Anda bisa memahami grammar dasar hal ini agar Anda bisa membedakan tenses yaitu past, present, dan future.

Jika Anda sudah mempelajari hal dasar tersebut, maka dapat dengan mudah memahami sebuah teks bahasa inggris. Selain itu Anda akan mengetahui jenis-jenis bacaan yang disampaikan apakah sudah berlalu, akan dilakukan di masa depan, atau sedang berjalan.

4. Pahami main idea
Jika Anda sudah bisa memahami inti bacaan atau main idea, maka Anda akan dapat dengan mudah memahami alur bacaan yang ingin disampaikan atau tujuan teks yang sedang Anda baca tersebut.

5. Jangan terpaku pada satu pertanyaan
Kemudian, tips terpenting dalam belajar bahasa inggris yang haru Anda pahami adalah jangan pernah terpaku pada satu pertanyaan saat mengerjakan soal reading comprehension. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar