Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Tips Agar Akhir Pekan Terasa Lebih Panjang dan Tidak Terbuang Sia-sia

Ilustrasi orang yang sedang menikmati libur di akhir pekannya. (Sumber foto : pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Akhir pekan adalah hari yang selalu ditunggu-tunggu. Di tengah kesibukan pekerjaan, tentu kita membutuhkan hari di mana kita bisa beristirahat dengan tenang tanpa diganggu pekerjaan. Namun, seringkali orang mengeluhkan akhir pekannya berjalan begitu cepat.

Lalu, bagaimana cara agar akhir pekan kita terasa panjang? tentu kita tidak bisa menambah jumlah libur kita, tapi ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Bangun lebih pagi


Orang sering dengan sengaja menunda bangun di akhir pekan. Bahkan kebanyakan orang memilih bangun siang untuk menikmati akhir pekannya, tahu-tahu matahari sudah di atas kepala. Dan Senin sudah beberapa jam di depan kita. Hal ini akan membuat akhir pekanmu jadi terasa pendek. Jadi, jika kamu ingin mengoptimalkan akhir pekan kalian, cobalah untuk tetap bangun pagi, seperti biasa saat kamu hendak berangkat kerja.

Rencanakan aktivitas yang ingin kamu lakukan

Agar akhir pekan terasa lebih panjang dan diisi oleh banyak kegiatan yang menyenangkan. Kamu bisa membuat rancangan kegiatan. Hal ini, bisa memandu kamu untuk lebih efektif dalam mengisi kegiatan di akhir pekan. Terkadang, tidak adanya jadwal, membuat kita lebih memilih berleha-leha tanpa melakukan apapun. Jadi, mulailah membuat jadwal kegiatan di akhir pekan.

Tidak menunda

Sudah membuat jadwal di akhir pekan, tapi kita malah menunda-nunda untuk melakukannya. Akhirnya, tidak semua rencana kita bisa terealisasikan. Waktu yang seharusnya bisa kita manfaatkan untuk 5 kegiatan, hanya bisa mengaplikasi sebagian dari rencana. Maka, cobalah untuk patuh pada jadwal yang sudah kamu buat.

Selesaikan pekerjaan sebelum akhir pekan

Pekerjaan yang menumpuk sering membuat seseorang harus lembur di akhir pekannya guna menyelesaikan deadline pekerjaan. Ini juga bisa akibat dari kebiasaan kita menunda-nunda untuk menyelesaikannya. Maka dari itu, penting untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum akhir pekan tiba.

Batasi bermain gawai

Tidak bisa dipungkiri, menggunakan gawai (smartphone dan tab) bisa membuat kita lupa waktu. Hal itu disebabkan kita asik mengelilingi dunia digital, sampai lupa dengan kondisi sekitar. Daripada fokus bermain gawai, lebih baik kita luangkan waktu untuk lebih dekat dengan keluarga atau teman. Interaksi secara langsung dengan orang terdekat juga bisa membuat kita lebih bahagia.

Itulah beberapa tips agar akhir pekan terasa lebih panjang dan tidak terbuang sia-sia. (Jhn/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar