Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Tanda Kejahatan pada Diri Sendiri, Bisa Merusak Mental Pribadimu

(Foto: Kat Smith, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak sedikit orang yang mencoba tampil baik dan semaksimal mungkin di hadapan orang lain. Hingga sebagian dari mereka bahkan tidak ragu untuk menyakiti perasaan atau dirinya sendiri. Hal ini tentu akan menimbulkan dampak buruk, tidak hanya bagi kesehatan namun juga mental.

Meski begitu tak sedikit dari orang-orang tersebut yang tidak menyadari jika yang mereka lakukan itu sebenarnya salah. Berikut ini lima tanda kejahatan pada diri sendiri yang jarang disadari, di antaranya;

Meremehkan kemampuan diri

Mungkin jika orang lain meremehkan kemampuan kita, setidaknya itu dapat menjadi pecut untuk menyemangati diri sendiri. Namun, yang berbahaya ialah ketika yang meremehkan kemampuan justru diri sendiri. Jika sudah begini tentu tidak akan ada kemajuan untuk hidup yang lebih baik. Bahkan tak jarang justru membuatnya jadi menggantungkan diri dengan orang lain.

Takut meminta bantuan

Setiap orang tentu mempunyai kapasitas kemampuan. Meski selama ini dirasa diri mampu melakukan segala sesuatu secara mandiri, namun dalam situasi tertentu pasti akan membutuhkan bantuan orang lain. Namun, sebagian orang justru merasa takut atau tidak enak untuk meminta bantuan. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus tentu hanya akan menyakiti diri sendiri.

Tidak pedulikan kesehatan diri

Hampir semua orang pasti punya target hidup yang lebih baik, terutama pada faktor ekonomi. Alhasil ini membuat sebagian orang justru hanya terfokus untuk bekerja, membangun usaha, dan lainnya yang semata untuk mendapatkan uang. Bahkan hingga membuat mereka lupa istirahat dan mengabaikan kesehatan diri sendiri.

Sulit menerima kekurangan

Hal mendasar yang perlu ditanamkan pada diri sendiri ialah menerima atau mensyukuri diri sebagaimana adanya. Namun, jika yang timbul justru perasaan sulit menerima kekurangan tentu ini sama dengan bentuk kejahatan pada diri sendiri. Alih-alih memaksimalkan apa yang sudah diberikan Tuhan, justru terpuruk dan menghakimi kekurangan.

Membohongi diri
Ada banyak tipe orang di dunia ini, mulai dari yang jujur hingga sering berbohong. Ternyata berbohong tidak melulu terhadap orang lain, sebagian orang justru kerap membohongi dirinya sendiri tentang suatu hal. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh beragam alasan, entah itu untuk kebaikan diri atau sekadar menenangkan hati. Meski begitu itu hanya bersifat sementara. Selebihnya hanya akan menyakiti diri sendiri. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar