Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Software Wajib Mahasiswa Semester Akhir, Garap Skripsi Jadi Gampang

[foto: vlada karpovich/pexels.com]

Surabaya (beritajatim.com) – Saat menyusun skripsi kunci utama agar lekas selesai adalah konsisten. Konsisten mengerjakan dengan perkembangan yang stabil akan mempermudah skripsi bisa selesai tepat waktu.

Mengerjakan skripsi juga memerlukan beberapa perangkat aplikasi di pc atau laptop. Software yang akan sangat membantu dalam proses penyusunan skripsi. Berikut ini 5 software wajib bagi Anda pejuang skripsi.

Microsoft Office

Sudah tak diragukan lagi, software gabungan dalam Microsoft Office ini sangat populer untuk pejuang skripsi. Bukan hanya mahasiswa, masyarakat awam pun sudah kenal dengan software ini.

Terdapat banyak aplikasi yang tergabung di dalam Microsoft Office, namun yang paling sering digunakan adalah Word, Excel, dan PowerPoint. Bagi Anda yang menyusun skripsi ketiganya sangat penting.

Mendeley

Mendeley adalah software yang dikembangkan oleh Elsevier. Keberadaan adanya software membantu para mahasiswa dan peneliti dari berbagai penjuru dunia bisa berbagi referensi yang digunakan dalam suatu karya ilmiah.

Saat Anda menyusun skripsi, Mendeley berguna untuk penyusunan sitasi. Berbagai pilihan style terdapat di Mendeley, sehingga penulisan daftar pustaka pun bisa secara otomatis dan mudah dilakukan.

Grammarly

Grammarly merupakan software daring yang dapat dipakai untuk mengecek tata bahasa, mengoreksi kesalahan dalam menulis, dan memeriksa ejaan dalam struktur bahasa Inggris.

Jika terdapat kesalahan dalam penulisan, Grammarly akan memberi rekomendasi kata yang benar dalam struktur bahasa Inggris.

SPSS

SPSS ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1968 oleh Norman Nie, Ilmuwan Stanford University. Software pengolah data dapat Anda gunakan untuk memproses dan mengolah data statistik.

Bagi Anda mahasiswa dengan jenis penelitian kuantitatif, SPSS dapat memproses data dengan cepat dan tepat. Software SPSS ini mampu menghasilkan berbagai output yang diinginkan.

Turnitin

Perangkat lunak terakhir yaitu turnitin. Software ini berguna untuk cek plagiarisme. Turnitin pasti sudah sangat kental dengan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Bahkan, saat masih duduk bangku kuliah semester awal pun para dosen dan kampus sudah memerintahkan mahasiswa untuk memakai software ini sebagai syarat tugas semacam makalah atau karya tulis ilmiah lain.

5 Software tersebut adalah software yang familiar di kalangan para pejuang skripsi. Saat Anda menyusun skripsi pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar serta terdapat kendala dan syarat-syarat tertentu dalam penulisannya. Sehingga dengan memanfaatkan software di atas akan lebih maksimal dalam mengerjakan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar