Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Pantai Eksotis Milik Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

(Foto: Vincent Gerbouin, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Debur ombak membawa buih ke pantai berpasir putih memang selalu menjadi suasana yang puitis dan mampu meluluhkan penat serta semua masalah hidup. Itulah salah satu alasan pantai menjadi destinasi wisata yang banyak diminati.

Selain, tentu saja keindahan alamnya yang tak perlu dipertanyakan lagi. Suasana yang tenang dengan suara ombak dan angin sepoi-sepoi membuat pengunjung merasa tenang dan nyaman. Sangat cocok menjadi tempat istirahat dari penatnya aktivitas kerja atau sekolah. Tak sedikit pula yang melakukan camping di pantai dengan tujuan ingin menikmati pemandangan matahari terbit atau tenggelam di pantai.

Untungnya, Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata pantai. Seperti yang kami rekomendasikan di bawah ini.

1. Pulau Sempu

Jika sedang berkunjung ke Malang, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pulau Sempu. Yakni sebuah pulau kecil kecil di selatan pulau Jawa yang secara administratif terletak Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air laut biru kehijauan dengan pasir pantai yang berwarna putih akan memanjakan mata para pengunjung.

Butuh waktu 3 jam, untuk berkendara dari pusat Kota Malang menuju pelabuhan di dekat pulau Sendang Biru. Setelahnya, kalian bisa menyewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Sempu yang membutuhkan waktu 15 menit. Biaya yang diperlukan kurang lebih Rp 100 ribu untuk sewa perahu dan izin dari Dinas Kehutanan.

2. Pantai Gatra

Masih di daerah Malang Selatan, kali ini ada Pantai Gatra yang terletak di Sitiarjo. Ombaknya yang tergolong membuat para pelancong bisa berenang atau snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Aksesnya pun tak sulit, dan meskipun berada di daerah terpencil, akan sepadan dengan pemandangan yang ditawarkan. Wisatawan juga bisa berkemah, dengan peralatan yang disewakan oleh pos layanan yang tersedia.

3. Pantai Klanyar

Selanjutnya, ada spot wisata Pacitan yang wajib dikunjungi bersama keluarga, yakni Pantai Klanyar. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai dengan pasir putih ini memiliki tiga fenomena unik, yaitu laguna, Batu Sphinx, dan Karang Bolong. Pantai ini terletak kurang lebih 45 km sebelah barat kota Pacitan, tepatnya berada di Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

Akses menuju lokasi memang cukup menantang, jalanan yang sempit, tikungan yang tajam, dan bukit yang naik turun, namun akan sepadan dengan pemandangan eksotis Pantai Klanyar. Kalian bisa menikmati pantai ini hanya dengan Rp 15 ribu bagi orang dewasa dan Rp 10 ribu bagi anak-anak.

4. Pantai Papuma

Salah satu objek wisata yang populer di Jawa Timur adalah Pantai Papuma. Tepatnya berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember. Pantai ini memiliki daya tarik objek wisata alam yang memadukan keaslian pesona pantai dan juga hutan. Dengan pasir putihnya, Pantai Papuma memiliki luas 25 hektare.

5. Pantai Plengkung

Biasa disebut sebagai G-Land, Pantai Plengkung ini masih menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. Pantai yang satu ini disebutkan sebagai pantai yang punya salah satu ombak terbaik di dunia dan sangat menantang untuk ditaklukan.

Itulah mengapa banyak peselancar yang berbondong-bondong datang ke pantai ini. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan sembari berjalan menyusuri sepanjang garis pantai yang berbatasan langsung dengan hutan hijau.

Pantai mana yang sudah masuk dalam daftar wisata atau bahkan sudah kalian kunjungi? [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar