Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan, Salah Satunya Bisa Usir Kesepian

Ilustrasi seorang anak yang sedang bermain dengan anjing peliharaannya. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Memiliki hewan peliharaan, ternyata banyak manfaatnya. Salah-satunya, dapat menghilangkan kesepian. Jika kamu tinggal seorang diri, memilih untuk memelihara hewan bisa jadi solusi agar kamu tak merasa kesepian. Berinteraksi dengan hewan juga dapat melepaskan hormon yang bisa memicu rasa bahagia.

Salah-satu sebabnya, hewan peliharaan bisa diajak berkomunikasi, meski tentu dengan bahasanya sendiri. Tak jarang, mereka bisa membaca perasaan pemiliknya. Kita juga bisa mengajaknya bermain atau sekadar berjalan-jalan. Ada banyak lagi manfaat, jika kamu memiliki hewan sebagai peliharaan kamu di rumah. Langsung saja, simak artikel berikut ini!

· Mengusir Kesepian

Seperti yang telah kita bahas di awal, salah-satu manfaat memelihara binatang adalah agar kamu tidak merasa kesepian. Bintang peliharaan bisa jadi teman kita dalam kondisi apapun. Ia akan mendengar keluh kesahmu, tanpa memberikan bantahan. Lebih dari itu, beberapa hewan peliharaan bahkan memiliki kedekatan emosional dengan si pemilik, yang membuatnya bisa mendeteksi, apakah sang majikan tengah sedih atau senang.

· Mengurangi Stres

Jika kamu sudah memiliki binatang peliharaan, kamu pasti sering mendapati peliharaan kamu bertingkah pola lucu dan menggemaskan. Kita juga bisa memiliki banyak aktivitas dengan mereka, mengamati perilakunya, membelainya, bahkan kita juga bisa mengajaknya bermain. Semua itu bisa membuat pikiran kita lebih rileks.

· Memberikan rutinitas

Setiap orang memerlukan rutinas yang pasti di tiap harinya. Dengan memelihara hewan, kamu diharuskan untuk menyiapkan makanan untuknya, memandikan, mengajaknya bermain. Dengan demikian kamu jadi memiliki tanggung jawab.

· Mendorong untuk bersosialisasi

Pada era ini, banyak terdapat komunitas hewan yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi. Dengan bergabung di komunitas, kamu juga bisa menambah wawasan kamu, terkait kesehatan dan cara menjaga hewan peliharaan. Kamu juga bisa menambah jaringan pertemanan sehingga ruang lingkup pertemananmu lebih luas.

· Pendidikan untuk anak

Jika kamu ingin melatih rasa tanggung jawab pada diri anak, hal itu bisa dimulai dengan mengizinkannya memiliki hewan peliharaan. Tidak hanya belajar bertanggung jawab, semisal memberinya makan dan minum atau mengajaknya bermain. Anak juga bisa belajar berempati dengan berinteraksi pada hewan peliharan yang ia punya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika memiliki hewan peliharaan di rumah. Jika kamu belum pernah memilikinya, kamu bisa coba dari sekarang. Pilih hewan yang kamu suka, seperti: kucing, anjing, burung, kura-kura, ikan, atau kelinci. (Jhn/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar