Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Manfaat Baca Novel, Nomor Satu Bisa Melatih Empati Diri

Ilustrasi seseorang yang sedang membaca novel. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Membaca adalah salah-satu kebiasaan baik, yang disepakati oleh banyak orang. Tiap dari kita, pasti memiliki genre bacaan yang disuka. Ada beragam genre, mulai dari sains, agama, sosial hingga fiksi (karangan). Sebagian orang menganggap membaca novel fiksi adalah kegiatan yang membuang-buang waktu.

Sementara membaca bacaan sains dianggap bisa menambah tingkat kecerdasan. Padahal, banyak penelitian yang menunjukkan ada beragam manfaat yang didapat dari kebiasaan membaca novel.

Berikut manfaat di balik kebiasaan membaca novel:

1. Belajar berempati

Dengan membaca novel fiksi, kita akan belajar membayangkan cerita yang ditulis, termasuk permasalahan yang ada. Sebuah penelitian menunjukkan, membayangkan cerita bisa merangsang daerah otak yang bertanggung jawab untuk lebih memahami orang lain. Oleh karena itu, dengan membaca novel fiksi bisa melatih rasa empati kita terhadap orang lain.

2. Menambah pengetahun

Siapa bilang membaca novel fiksi tidak menambah pengetahuan kita. Ada beragam topik dalam novel fiksi. Entah, tentang alien, penyihir, dinosaurus, manusia. Semua mengandung pengetahuan. Kita bisa belajar lebih dalam tentang suatu topik dari novel, juga pengetahuan baru yang berasal dari ide atau imajinasi si penulis.

3. Tidur lebih nyenyak

Saat kondisi sendiri dan tenang pikiran cenderung bekerja lebih aktif. Entah memikirkan hal yang sudah atau belum terjadi. Hal itu biasa kita jumpai saat sebelum menjelang tidur. Dengan membaca, pikiran kita akan lebih terfokuskan dan membuat otak jadi rileks. Tidak jarang, kita sampai ketiduran saat sedang membaca. Itulah mengapa membaca sangat tepat jadi teman pengantar untuk tidur.

4. Menambah bahasa baru

Ini sudah menjadi kebenaran umum, seseorang yang banyak membaca memiliki pengetahuan kosa-kata lebih banyak. Membaca novel fiksi akan memperkenalkan kita pada beragam kosa-kata baru sehingga kita akan kaya akan bahasa-bahasa baru.

5. Membantu melepaskan stres

Penelitian menunjukkan membaca adalah metode paling ampuh untuk mengatasi stres ketimbang mendengarkan musik atau berjalan-jalan. Membaca dianggap menempatkan otak dalam kondisi yang menyenangkan seperti meditasi. Hal itu membuat otak jadi rileks dan mudah melepaskan rasa penat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari kebiasaan membaca novel fiksi. (Jhn/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar