Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Lokasi Terlarang Dilintasi Pesawat, Salah Satunya Ka’bah

foto/ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Ada beberapa tempat di dunia yang terlarang untuk dilewati pesawat. Tempat-tempat ini tidak boleh dilewati karena berbagai alasan.

Ada yang bermakna sangat sakral bagi suatu kaum beragama, ada juga tempat yang berbahaya jika dilintasi pesawat. Berikut ini 5 tempat yang tak boleh dilintasi pesawat saat terbang.

Ka’bah (Mekkah)

Kerajaan Arab Saudi telah melarang pesawat melintas di kota Mekkah, khususnya di atas Ka’bah. Ka’bah bermakna sangat sakral bagi Umat Islam. Selain itu, aturan ini diterapkan karena Mekkah juga kota suci Umat Muslim di dunia.

Bahkan pemerintah Arab Saudi melarang orang non muslim untuk memasuki sekitar kota Mekkah, siapapun yang melanggar akan mendapat hukuman denda atau bahkan deportasi.

Disney World

Melihat pemandangan Disney World dari atas pesawat akan terlihat indah. Namun sayang hal ini dilarang, karena pesawat terbang tidak boleh melintas demi keamanan pengunjung.

Anehnya aturan tersebut hanya berlaku di Walt Disney World yang berada di Florida dan Disneyland California usai terjadi sebuah serangan teroris.

Pegunungan Tibet

Salah satu tempat dataran tinggi dunia yang dikelilingi pegunungan Himalaya. Pesawat terbang tidak boleh melintasi Tibet karena berpotensi besar mengalami kecelakaan.

Jika suatu ketika terjadi kecelakaan para pilot akan sulit menemukan tempat untuk melakukan pendaratan darurat di daerah tersebut.

Istana Kerajaan

Sebuah istana kerajaan yang menjadi tempat tinggal dan sekaligus tempat Ratu Elizabeth II dan keluarga bekerja haruslah aman. Pengamanan ini dijaga khusus demi anggota keluarga kerajaan agar bisa terbebas dari ancaman. Pemerintah melarang pesawat jenis apapun melintasi dua istana Buckingham dan Kastil Windsor.

Taj Mahal

Bangunan ini dibangun oleh Kaisar Mughal untuk menghormati istrinya yang meninggal pada abad 16. India menerapkan zona larangan terbang di sekitar wilayah Taj Mahal sejak kurun tahun 2006 lalu.

Hal ini dilakukan guna menghindari kecelakaan dan mencegah kerusakan pada bangunan dengan sejarah yang begitu melekat tersebut.

Beberapa tempat tersebut tidak boleh dilintasi pesawat dengan alasan apapun. Sehingga tidak ada jalur penerbangan yang melintasi beberapa tempat itu. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar