Ragam

5 Kuliner Jawa Timur yang Melegenda

Surabaya (beritajatim.com) – Jawa Timur jadi kawasan yang unik di dataran pulau Jawa. Beragam suku, bahasa, budaya terdapat di Jawa Timur. Dari suku Madura, Jawa, Osing, Tengger, juga beberapa suku pendatang mendiami Jawa Timur.

Keberagaman itu membuat Jawa Timur kaya akan kuliner daerah. Kuliner tersebut bahkan bisa dikatakan melegenda karena telah tersaji turun temurun hingga saat ini. Apa saja kuliner Jawa Timur yang melegenda? Berikut daftarnya.

Sate Madura

Sate Madura, adalah sate yang berasal dari Madura. Ciri khas sate ini berupa bumbu kacangnya yang gurih manis. Bumbu kacang pada Sate Ayam Madura ini terbuat dari kacang goreng yang ditumbuk hingga halus dan diolah dengan bumbu khusus.

Sate Madura terbuat dari bahan dasar daging ayam. Daging sate Madura terasa sangat empuk dan memiliki aroma yang sedap dan menggugah selera. Sate Madura sangat terkenal dan melegenda. Sebab hampir semua daerah di Indonesia terdapat penjual sate Madura ini.

Rawon Nguling

Disebut rawon Nguling, karena rawon ini berasal dari daerah Nguling, Probolinggo. Rawon Nguling terkenal dengan cita rasanya yang khas. Terbuat dari daging sapi dengan kluwak, rawon memiliki rasa gurih, manis, dan pedas. Rawon ini akan lebih lezat saat disantap dengan nasi hangat dan kerupuk.

Ciri khas rawon Nguling terletak pada bumbu. Dalam rawon nguling tidak ditambahkan asam Jawa, serai, maupun terasi. Selain itu, pada saat pembuatan kaldu, tidak dimasukkan tulang sapi. Yang digunakan untuk membuat kaldu hanya daging dan bagian urat sapi saja.

Soto Lamongan

Saking terkenalnya soto Lamongan hingga dijadikan cita rasa sebuah mie Instan kemasan. Ciri khas utama soto lamongan terletak pada taburan bubuk koya, irisan serong daging ayam, dan kuah bening. Bubuk koya terbuat dari kerupuk udang goreng dan bawang putih goreng yang dihaluskan. Fungsi bubuk koya sebagai penyedap dan pengental kuah. Soto lamongan menggunakan daging ayam kampung agar ketika dipotong menyamping, dagingnya tidak hancur. Soto Lamongan sangat akrab dilida, pasalnya tekstur daging ayam kampung padat dan rekat.

Nasi Krawu Gresik

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik. Kuliner ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya. Nasi yang digunakan pada nasi krawu berjenis pulen. Lalu dipadukan dengan olahan empal daging, jeroan dan suwiran daging sapi. Dinamalan krawu karena kuliner ini dari krawu kelapa yang dijadikan serundeng dan bumbu manggut.

Pecel Madiun

Di Jawa Timur memang banyak sekali terdapat daerah pembuat pecel. Namun, pelopor dari bumbu Pecel adalah Madium. Ciri khas nasi pecel Madiun adalah disajikan di atas daun pisang (pincuk). Selain sayuran kangkung, isinya ada kacang panjang, tauge dan ada lagi petai cina. Terakhir ditaburi serundeng dan saus kacang yang menggugah selera. PIlihan lauk pecel bermacam-macam seperti, tahu, tempe, rempeyek, telur, dan ayam.

Tentu masih banyak kuliner khas Jawa Timur. Intinya, kuliner khas Jawa Timur memang tidak pernah mengecewakan. Daftar kuliner itu wajib kalian coba saat berkunjung ke daerahnya langsung. [dan/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar