Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Kondisi Mistis yang Sering Dianggap Fenomena Mistis

(Foto: Ehimeletor, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Ketika mengalami hal-hal yang tak terjelaskan, kita sering menyangka bahwa itu adalah kejadian mistis. Seperti ketika kita seolah mendengar suara namun, tidak ada orang atau sesuatu yang terlihat.

Lalu, apa sih yang sebenarnya terjadi? Benarkah hal ini ada hubungannya dengan hal mistis? Namun tidak semua kondisi yang begitu itu selalu bersangkutan dengan hal mistis.

Sebab bisa jadi, itu adalah akibat dari suatu kondisi fisik atau mental kita. Tentu, hal itu rasanya sangat mengganggu, perlu ditanyakan pada ahli. Selain kondisi itu, berikut beberapa kondisi yang sebenarnya hal medis tapi sering dianggap sebagai mistis.

Paracusia

Paracusia merupakan kondisi halusinasi yang terjadi pada pendengaran seseorang. Ini biasanya terjadi saat seseorang merasa mendengar suatu hal tetapi aslinya tidak ada suara.

Kondisi itulah yang disebut dengan paracusia atau gangguan halusinasi pendengaran. Gangguan ini biasanya terjadi salah satunya kalau kita kurang tidur.

Pica Disorder

Pica Disorder adalah kondisi medis yang dialami pada bagian perut seseorang karena terdapat benda asing. Kondisi saat seseorang sakit perut yang luar biasa, namun saat diperiksa ada benda asing.

Hal ini secara medis terjadi karena gangguan makan. Biasanya, memakan benda asing dilakukan secara tidak sadar karena masalah kesehatan mental atau hal lainnya.

Visual Hallucination

Ini halusinasi yang terjadi pada indera penglihatan yang merasa melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada. Mungkin Anda pernah melihat orang, atau sekelebat cahaya yang sebenarnya tidak ada, itu terjadi karena sebenarnya Anda halusinasi visual. Kondisi ini biasa dialami oleh seseorang yang sedang pusing atau kelelahan parah.

Sleep Paralysis

Saat bangun tidur tiba-tiba tidak bisa bergerak. Banyak yang menganggap hal ini terjadi karena ditindih setan. Tapi, ini bisa juga terjadi saat Anda terkena sleep paralysis. Hal ini bisa terjadi jika seseorang mengubah pola tidur, atau kurang tidur, dan beberapa faktor lainnya.

Ternyata, hal-hal yang dianggap mistis, beberapa ada penjelasan ilmiah. Sehingga saat Anda mengalami beberapa kondisi itu, sebaiknya langsung dihubungkan saja dengan medis daripada hal mistis. Sehingga untuk mengobatinya Anda pergi ke dokter atau ke psikolog, bukan ke dukun. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati