Iklan Banner Sukun
Ragam

Mulai Aspal Hingga Corak Khas

5 Keunggulan Sirkuit Mandalika yang Tak Ada di Lintasan Balap Lain

Potret saat pembangunan Sirkuit Mandalika (Tangkapan Layar Instagram @sirkuitmandalikalombok_)

Surabaya (beritajatim.com) Sirkuit Mandalika punya hal yang berbeda dari sirkuit di negara lain . Hal ini tentu jadi daya tarik sendiri bagi pembalap MotoGP serta para penggemar ajang balap motor.

Apalagi Sirkuit Mandalika ini baru perdana menggelar balapan MotoGP, hal ini lantas membuat seri Indonesia saat ini terasa begitu spesial. Keunggulan Sirkuit Mandalika juga tidak ada di negara lain, berikut ini 5 keunggulannya.

1. Punya aspal terbaik di dunia

Guna memenuhi syarat dalam kompetisi kelas dunia layaknya MotoGP, PT Indonesia Tourism Development Corporation atau PT ITDC sebagai bagian dari pembangunan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika memakai Stone Mastic Asphalt (SMA) guna memoles lapisan ketiga dari pembangunan jalur ini. Kabarnya aspal ini merupakan yang terbaik di dunia saat ini.

2. Konsep street circuit yang berbeda

Istilah street circuit mengacu pada fungsi balapan yang besar. Secara sederhana jika tidak ada balapan, sirkuit dapat berfungsi sebagai atraksi pariwisata. Oleh sebab itu, orang-orang memakai area sekitar jalur utama guna kegiatan rekreasi seperti joging, jalan santai atau hanya sekedar menikmati pemandangan menakjubkan.

3. Sirkuit Jalan Raya

Hal unggul yang lain dari Sirkuit Mandalika yaitu punya konsep jalan raya. Meski berkonsep sirkuit jalan raya, Sirkuit Mandalika begitu mirip dengan trek permanen. Sirkuit Mandalika pun terjamin akan menjadi trek yang paling aman sebab banyak faktor yang mendukung.

4. Menyuguhkan pemandangan alam

Panorama perbukitan yang dikelilingi laut, dengan pasir putih dan bukit hijau asri di latar belakang akan memanjakan mata. Tak heran jika ini telah menjadi tempat favorit para peselancar internasional sebelum akhirnya dibangun menjadi area pariwisata dengan banyak atraksi.

5. Banyak sentuhan nusantara

Sirkuit Mandalika juga memasukkan aksen lokal pada area permukaan jalur Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, yaitu corak Subahnale.

Corak ini merupakan corak tenun yang berasal dari Suku Sasak di Pulau Lombok. Pola ini dapat ditemukan di area run-off atau aspal luar dari pojok ke-15 dan 16 dari Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Itulah sederet keunggulan dari sirkuit internasional Indonesia ini, menjadi penyelenggara ajang MotoGP tentu hal yang membanggakan bagi masyarakat Indonesia, apalagi dengan sirkuit yang berkelas. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar