Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Kebiasaan Ini Harus Dihindari Jika Tidak Ingin Cepat Tua

(Foto: Ekaterina Bolovtsova, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Menjadi tua adalah hal yang selalu ingin dihindari semua orang. Bahkan mereka yang sudah berusia tua, sering kali masih mencoba menjadi muda dengan mengobarkan kata-kata semangat muda, atau semacamnya. Padahal, menua adalah proses yang tidak akan bisa dihindari.

Namun sayangnya, ketakutan itu apabila tidak dibarengi dengan tindakan yang bisa mencegahnya maka akan sia-sia. Ada beberapa kebiasan yang sering dilakukan tanpa memikirkan dampak buruk di masa tua. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang harus kalian hindari mulai dari sekarang agar tidak terjadi penuaan dini.

1. Mengabaikan tabir surya

Siapa diantara kalian yang masih sering melewatkan penggunaan sunscreen? Mulai sekarang, jangan lakukan ini dan mulailah untuk rutin mengaplikasikan tabir surya pada wajah kalian. Joshua Zeichner, seorang ahli dermatologi mengatakan bahwa salah satu penyebab munculnya tanda penuaan adalah paparan sinar UV.

Radikal bebas yang diakibatkan sinar UV bisa merusak kolagin, elastin, dan sel-sel kulit. Begitu pula dengan kerutan dan bintik hitam yang timbul, parahnya lagi paparan sinar matahari bisa memicu kanker. Gunakan sunscreen dengan jumlah SPF yang cukup agar kulit menjadi terjaga. Sebagai informasi, sunscreen ini juga menjadi resep awet mudah sejumlah artis seperti Sophia Latjuba dan Wulan Guritno lho!

2. Kurang tidur

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak sekali hal-hal yang membuat seseorang kehilangan jam tidur yang cukup. Seperti lembur kerja, deadline tugas yang semakin dekat, atau sekedar movie marathon menonton drama Korea terbaru. Padahal, jika terus menerus dilakukan, kebiasaan ini akan berdampak pada kulit. Seperti munculnya mata panda hingga kulit menjadi kusam.

Itulah mengapa, seseorang membutuhkan waktu tidur setidnya 8 jam, agar seluruh tubuh menjadi fresh. Berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh Cleveland University Hospitals Case Medical Center, kelompok orang yang tidur di bawah 5 jam akan lebih cepat timbul garis halus, keriput, dan warna kulit belang. Menjaga pola tidur ternyata bisa membuat wajah kita awet muda ya.

3. Kurang olahraga

Mulai sekarang, sesibuk apapun kalian, sempatkan untuk berolahraga barang 30 menit saja. Karena tak hanya wajah menjadi cepat menua, berbagai penyakit juga siap menyerang bagi kalian yang jarang melakukan aktivitas fisik, seperti stroke, serangan jantung, diabetes, dan lain-lainnya.

Olahraga sendiri rupanya mampu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit sehat, kenyal dan elastis. Keringat yang dikeluarkan saat olahraga membantu pori-pori kulit mengeluarkan kotoran sehingga kulit jadi bersih. Selain itu, berolahraga juga melancarkan peredaran darah yang membuat kulit cerah

4. Konsumsi gula berlebih

Makanan dan minuman manis memang tampak lebih menggiurkan ya, padahal penumpukan kadar gula hang berlebihan bisa menimbulkan molekul berbahaya. Dampaknya, kolagen dan elastin akan rusak. Daripada konsumsi gula, ada baiknya untuk memperbanyak buah-buahan dan sayuran yang akan buat kulit kalian lebih cerah

5. Alkohol dan rokok

Tidak semua orang mengonsumsi alkohol dan rokok, namun bukan berarti tidak ada sama sekali. Bagi kalian yang mengonsumsi keduanya, perlu diketahui bahwa kebiasaan ini juga turut serta menghancurkan kandungan kolagen dan elastin pada kulit. Tak hanya itu, produksi hormon estrogen yang harusnya menjaga kekencangan kulit menjadi tidak maksimal. Wajah kalian pun akan terlihat kusam dan kendur.

Gaya hidup ternyata memiliki pengaruh yang besar ya, tak hanya pada kesehatan tapi juga dari segi kecantikan. (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar