Ragam

5 Jenis Asuransi yang Perlu Diketahui, Bukan Hanya untuk Orang Kaya Saja Loh

Rumah masuk menjadi salah satu jenis asuransi umum. (Sumber foto: Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika mendengar kata asuransi, apakah terbesit untuk layanan jasa perlindungan orang kaya saja? Hal ini sepenuhnya tidak benar, loh. Lantaran layanan jasa ini adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pemegang polis ini bisa dari kalangan menengah hingga masyarakat kelas atas.

Selain itu adanya aplikasi asuransi juga memberikan kemudahan dalam mengakses sebuah informasi mengenai produk atau pun simulasi perhitungan premi asuransi.

Layanan jasa asuransi juga memiliki berbagai jenis, diantaranya seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi dana hari tua, asuransi umum dan masih banyak lainnya. Tak perlu berlama-lama, simak dan pahami berikut jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia.

1. Asuransi Jiwa

Salah satu jenis asuransi ini, paling sering ditawarkan di kalangan masyarakat Indonesia. lantaran dapat memberikan manfaat berupa tanggungan perlindungan untuk jiwa seseorang, mulai dari pribadi hingga anggota keluarga pun bisa.

Namun asuransi ini akan diberikan jika nasabah sudah tidak lagi mencari nafkah maupun sudah terlalu tua. Selain itu, jika pemilik polis mengalami kematian. Maka asuransi jiwa dapat melindungi keluarga yang ditinggalkan.

2. Asuransi Kesehatan

Berikutnya asuransi kesehatan, asuransi ini menangani kesehatan yang tertanggung karena suatu penyakit maupun kecelakaan. Seperti cedera, cacat, penyakit kritis hingga kecelakaan yang mengakibatkan kematian.

3. Asuransi Pendidikan

Jika Anda pasangan muda – mudi patut untuk mencoba layanan aplikasi asuransi, hal ini untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini. Karena namanya asuransi pendidikan, tentu memberikan keuntungan berupa pengayoman akan pendidikan.

4. Asuransi Umum

Asuransi jenis ini menawarkan segalanya selain dari kehidupan manusia, seperti rumah, properti, kendaraan, dan masih banyak lagi. Mudahnya, asuransi ini melindungi finansial Anda terhadap kehilangan, kebakaran, pencurian, kerusakan, dan kewajiban lainnya.

5. Asuransi Syariah

Apakah Anda tahu jika ada asuransi syariah? Selain bank syariah ternyata jasa layanan perlindungan ini juga ada loh. Tentunya produk asuransi yang ditawarkan berlandaskan syariat islam.

Prinsip asuransi ini berbeda dengan lainnya, yakni dapat bekerjasama atau saling tolong menolong peserta lain dalam pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru.

Jadi jangan ragu untuk menjajal aplikasi asuransi, dengan itu Anda akan mendapatkan berbagai manfaat dengan biaya anggaran yang tidak menguras kantong. (frs/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar