Ragam

5 Hewan dengan Masa Kehamilan Paling Pendek Selain Kelinci

Gerbil, salah satu hewan dengan masa kehamilan yang singkat. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin selama ini kamu mengetahui bahwa kelinci merupakan hewan yang memiliki masa kehamilan paling pendek. Lantaran hanya terjadi selama 35 hari saja. Kemudian hewan berbulu tersebut akan memproduksi susu selama empat bulan.

Susu yang dikandung pun juga terkenal memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Sedangkan kelinci jantan umumnya jauh lebih lama tumbuh menjadi dewasa secara seksual. Namun terlepas dari itu, sebenarnya ada beberapa hewan dengan masa kehamilan singkat selain kelinci, di antaranya;

Virginia Opossum

Virginia Opossum merupakan hewan berkantung nokturnal nomor satu yang memiliki masa kehamilan pendek. Hewan ini hanya butuh waktu 12-13 hari saja. Di mana dalam sekali persalinan mampu melahirkan hingga 25 ekor. Namun hanya tujuh hingga delapan anak saja yang dapat masuk ke dalam kantong sang induk. Selain masa kehamilannya yang singkat, ternyata Virginia Opossum juga memiliki umur yang juga singkat.

Hamster

Di urutan ke-2, hamster merupakan hewan dengan masa kehamilan singkat. Di mana hewan ini hanya butuh waktu sekitar 21 hari untuk mengandung anaknya. Di mana masa reproduksi hamster betina hanya 18 bulan sedangkan kesuburan hamster jantan memiliki waktu lebih lama. Golongan hewan pengerat ini umumnya memasuki musim perkembangbiakan pada April hingga Oktober.

Tikus Padang Rumput

Tikus jenis ini masa kehamilannya juga cukup singkat, biasanya hanya terjadi sekitar 21-23 hari saja. Kemudian tikus padang rumput akan melahirkan di akhir musim panas dan musim semi. Biasanya pasangan hewan berkaki belakang lebih besar ini mulai kawin usai hibernasi.

Tikus

Hewan pengerat atau hama ini juga dikenal dengan masa kehamilannya yang singkat, yakni 23 hari saja. Umumnya pada usia enam bulan mereka sudah matang secara seksual. Bahkan dalam beberapa kasus usianya bisa mencapai lebih dari satu tahun. Itu pun jika tidak dibasmi atau diserang predator.

Gerbil

Gerbil merupakan jenis hewan omnivora yang masih satu kerabat dengan tikus. Masa kehamilannya sekitar 25 hari. Tak ayal jika Gerbil masuk dalam deretan hewan dengan masa kehamilan yang singkat. Biasanya proses pembuahan gerbil jantan pada betina terjadi dalam waktu beberapa jam. (fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar