Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Hal yang Perlu Dilepaskan Agar Cepat Dewasa

(Foto: Helena Lopes, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Semakin dekat dengan penghujung tahun, berarti semakin dekat juga dengan pertambahan umur. Bagi Anda yang telah semakin dekat dengan usia kepala dua, mungkin ini saat yang tepat untuk belajar melepaskan beberapa hal.

Terutama karena usia 20-an bukanlah usia remaja tanggung lagi. Agar bisa lekas dewasa sepenuhnya, ada beberapa hal yang mungkin harus Anda lepaskan berikut ini.

1. Pertemanan

Usia duapuluhan merupakan waktu untuk menemukan hal-hal baru. Seperti bekerja untuk sebuah tujuan dan menata prioritas. Sewajarnya, seraya hidup berubah pertemanan juga ikut berubah.

Beberapa akan terus bertahan, beberapa akan menjauh atau menghilang. Ini bukan hal yang buruk, sebab Anda dan teman hanya sedang bertumbuh dewasa.

2. Membanding-bandingkan

Versi terbaik dari diri kita adalah yang kita tunjukkan di media sosial. Jadi kali berikutnya jika Anda merasa kecil hati atau cemburu dengan teman di media sosial, ingat kalau kisah yang Anda alami dan orang lain jalani berbeda-beda.

Fokus pada diri Anda, rayakan sendiri pencapaiannya. Kadang Anda berada di depan, kadang kala di belakang.

3. Bertanya “Bagaimana Jika”

Hal-hal tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Bahkan saat semua berjalan seperti yang diinginkan seringkali memikirkan apa sebaiknya tidak mengambil pekerjaan ini, atau putus dengan pasangan, atau memilih satu jurusan selain pendidikan.

Tentu tidak apa melamunkan tentang rute atau keputusan yang berbeda. Namun, jalani dan nikmati saja hasil dari keputusan Anda. Sebab dewasa juga berarti tanggung jawab atas keputusan yang telah diambil.

4. Tidak lagi berdandan untuk orang lain

Tren datang dan pergi, tapi kekuatan dalam diri Anda akan terus menguat seiring berjalannya waktu. Anda kini tahu apa yang membuat nyaman dan disukai. Anda pun akan lebih tidak peduli dengan apa yang orang lain pikirkan. Itulah tanda Anda sedang dewasa.

5. Check-list

Lulus usia 21. Backpacking di usia 23. Menata karir di usia 25. Punya rumah usia 29. Apapun goals kamu, hal-hal baik butuh waktu. Punya tujuan itu bagus, tapi jangan lupa untuk mengapresiasi keadaan saat ini, apa saja yang telah Anda capai dan hadapi. Membuat target seperlunya, tidak perlu terlalu berambisi. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar