Iklan Banner Sukun
Ragam

Berbahaya!

5 Gejala Seseorang Kecanduan Gawai, Akibatnya Bisa Fatal

Ilustrasi kecanduan gawai sampai di malam hari. (Inspa Makers, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Terbatasnya aktivitas selama pandemi Covid-19 berdampak pada manusia yang semakin dekat dengan gawai. Di samping itu, kesibukan yang biasanya dihabiskan untuk beraktivitas maupun bersosialisasi di luar ruang saat ini kian terbatas.

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang pun akhirnya menjadikan gawai sebagai media hiburan. Bahkan dilansir dari Hasil survei yang dilakukan In Mobi dengan judul “Mobile Gaming Through the Pandemic and Beyond in Southeast Asia 2021” menunjukkan jika 46 persen responden di Indonesia baru pertama kali bermain gim daring ataupun gim di ponsel ketika terjadinya pandemi.

Hal tersebut jadi penyebab jumlah pengguna gim daring meningkat dua kali lipat di Indonesia. Jumlah pemain gim daring di Indonesia pun tertinggi ketiga di dunia. Psikolog sosial Josephine Rosa Marieta dilansir dari dailymail menjelaskan jika fenomena itu perlu menjadi perhatian bagi masyarakat.


Terutama pada orang tua yang memiliki anak usia remaja. Dari jumlah orang yang bermain gim daring, sejumlah 55 persen merupakan remaja pria.

Oleh sebab itu, perlu dikenali tanda-tanda seseorang mengalami kecanduan atau adiksi pada gim daring antara lain berikut ini. Berikut ini beberapa tanda seseorang kecanduan pada gim atau gawai.

1. Menjadi abai terhadap kewajiban sehari-hari

Seseorang yang candu pada gim atau gawai akan abai pada kewajiban harian. Hal ini terjadi karena mereka jadi terpaku pada gawai.

2. Mulai menutup diri

Selanjutnya karena gawai atau gim sudah pada tahap candu mereka pun menutup diri. Hal ini karena banyak hal yang mereka lakukan secara lebih banyak sendiri. Sehingga pada akhirnya merasa nyaman saat sendiri.

3. Emosi tidak terkontrol

Gim atau gawai dapat membuat emosi seseorang tidak stabil. Karena gawai mempengaruhi emosi seseorang untuk merambah pada banyak hal.

4. Adiksi kecanduan media sosial

Secara umum hampir sama dengan gim daring, namun yang spesifik pada pengguna media sosial itu ciri-cirinya cenderung ingin setiap saat mengupdate apapun dalam kehidupannya. Selain itu, akan mudah juga terprovokasi paling pertama mengupdate sesuatu.

5. Sering merasa resah

Umumnya, orang yang mengalami kecanduan media sosial akan merasa resah. Mereka resah pada respon terhadap konten yang diunggahnya di media sosial.

Itulah beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang kecanduan gawai, apakah Anda termasuk? (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar