Ragam

5 Dompet Eletronik Terbaik di Indonesia

Sumber foto: Karolina/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Berada di era yang serba teknologi membuat kita mau tak mau harus bergerak mengikuti zaman. Beberapa hal memang menjadi lebih praktis berkat kemajuan ini, salah satunya dari sistem pembayaran. Kehadiran dompet elektronik memudahkan kita untuk tidak perlu lagi membawa uang cash kemana-mana. Memang belum semua toko atau penjual yang menerapkan ini, tapi bisa terhitung banyak.

Dompet elektronik ini mempermudah dalam bertransaksi, hanya perlu membawa smartphone maka kalian bisa belanja apa saja. Dengan ini pula kalian juga bisa berbelanja dari rumah, entah itu membeli makanan, membeli pulsa, atau shopping pakaian. Indonesia sendiri sudah menyediakan beberapa dompet elektronik, dan 5 di bawah ini adalah yang dirasa terbaik untuk saat ini.

1. GoPay
Berawal untuk melakukan pembayaran pada aplikasi ojek, Gojek, kini mereka beralih agar bisa digunakan secara lebih luas lagi. GoPay hadir tidak hanya untuk membayar layanan Gojek, namun bisa juga dilakukan untuk transaksi non-tunai di mana saja.

Bisa untuk membayar pulsa, tagihan listrik, PDAM, TV berbayar, Wifi, dan banyak lagi. Cara aplikasinya pun mudah, hanya perlu mengisi saldo yang bisa dilakukan melali transfer bank, swalayan terdekat, atau melalui driver Gojek itu sendiri.

2. DANA
Saat ini, Dana menjadi dompet digital yang banyak sekali digunakan masyarakat. Saldo yang ada di Dana bisa digunakan untuk membayar tagihan, transaksi barcode, belanja di e-commerce, bahkan memudahkan pengguna untuk melakukan transfer ke bank tanpa biaya admin. Kemudahan ini juga disertai dengan keamanan yang terjamin, sehingga tak perlu khawatir untuk mengisi saldo meski dengan nilai yang cukup banyak.

3. OVO

OVO telah hadir di dunia uang eletronik cukup lama. Sama seperti Gopay, OVO berawal dari layanan ojek online, yaitu Grab. Jangkauan OVO sudah sangat meluas, pedagang yang menggunakan fasilitas ini pun menjamur. Lebih dari 70% pusat perbelanjaan di Indonesia dikuasai oleh OVO, seperti supermarket, bioskop, F&B, café, transportasi, bahkan pembayaran parkir. Oleh karena itu, penggunaan OVO ini bisa dilakukan kemanaun kita pergi.

4. ShopeePay
Meski kebanyakan penggunaan ShopeePay digunakan untuk melakukan pembayaran di Shopee, namun usaha Shopee untuk menggandeng banyaknya pedagang membuat dompet elektronik ini menjadi meluas. ShopeePay kini bisa dilakukan untuk melakukan transaksi di sejumlah merchant yang bekerja sama dengan Shopee. Tak hanya itu, Shopee juga mengembangkan sayap ke ShopeeFood sehingga pemakaian ShopeePay ini terus meningkat tajam.

5. LinkAja
E-Wallet satu ini merupakan hasil terbitan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, yakni Bank Mandiri, yang mana termasuk sebagai pioneer uang eletronik di Indonesia. Menghadirkan berbagai layanan transaksi baik online maupun offline, LinkAja sangat mudah untuk digunakan. [mnd/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar