Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Cara Menjaga Semangat Meski Kerja di Rumah

Ilustrasi seseorang yang sedang bekerja dari rumah. (Sumber foto : pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak orang mendambakan pekerjaan yang bisa dikontrol dari rumah. Namun, seperti halnya pekerjaan lain, bekerja di rumah juga memiliki tantangan tersendiri.

Salah-satunya adalah mengatur mood agar tetap semangat di tengah lingkungan rumah yang terkadang tidak kondusif.

Untuk itu, penting bagi kita menjaga semangat bekerja agar produktivitas tidak menurun. Bagaimana caranya?

1. Buat tempat kerja khusus

Meski anda bekerja dari rumah dan pekerjaan anda bisa dilakukan dimana saja, entah di sofa, di atas tempat tidur, di ruang makan, hingga di dapur.

Penting bagi anda untuk membuat ruangan khusus atau meja khusus sebagai tempat kerja anda. Hal ini berfungsi untuk agar anda lebih fokus dan tahu bahwa anda tengah bekerja. Menyelesaikan pekerjaan di atas tempat tidur, hanya akan membuat anda ingin berleha-leha dan bisa menurunkan produktivitas kerja.

2. Desain tempat kerja anda semenarik mungkin

Memiliki ruangan kerja yang bersih dan menarik tentu akan menambah semangat kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Bayangkan , jika nada harus bekerja di tempat yang sangat berantakan, pasti mood anda juga buruk, bahkan sebelum memulai pekerjaan. Kalian juga bisa memberi sentuhan alam, seperti meletakkan bunga hias di meja atau menaruh barang favorit meja kalian.

3. Buat batasan waktu yang jelas

Jika hari ini anda harus menyelesaikan 50 berkas. Cobalah beri batasan pada pekerjaan anda. Gunakan durasi pendek ketimbang panjang. Misal 1 berkas akan anda selesaikan selama 15 menit.

Hal itu, lebih efektif ketimbang anda menanamkan mindset, bahwa seluruh berkas tersebut harus selesai pukul 4 sore. Semangat anda dalam mengerjakan pekerjaan pun akan terupgrade setiap kali waktu di mulai.

4. Beri Penghargaan pada diri

Setiap kali anda mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan jadwal yang anda tetapkan, berilah penghargaan kepada diri sendiri. Seperti dengan beristirahat selama 10 menit. Berjalan sebentar ke halaman rumah untuk meregangkan badan atau dengan minum secangkir kopi. Semua itu, bisa membuat semangat anda terjaga.

5. Tetap lakukan komunikasi dengan teman

Berbeda dengan bekerja di kantor, dimana anda bisa berdiskusi dengan teman sekantor. Bekerja di rumah terkadang membuat anda merasa kesepian dan tidak memiliki teman untuk bertukar pendapat. Untuk itu, penting bagi anda untuk tetap menjaga komunikasi dengan teman anda, meski hanya melalui smartphone.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar tetap semangat meski harus bekerja di rumah. (Jhn/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar