Ragam

5 Buku Penuh Motivasi, Cocok Untuk Kalian yang Sering Insecure

Ilustrasi buku mootivasi. (Sumber foto: Thought Catalog/pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam menjalani kehidupan, setiap orang tentu ingin menjadi yang terbaik. Entah dalam berkarir, berkarya, pendidikan, keuangan, dan banyak hal lainnya. Berlomba-lomba itu wajar, agar seseorang menjadi termotivasi untuk menjadi yang lebih baik. Namun, tidak jarang hal itu menimbulkan perasaan insecure.

Insecure sendiri menggambarkan perasaan tidak percaya diri, cemas, meragukan diri sendiri bahkan merasa bahwa dirinya sedang tidak aman. Merasakan perasaan insecure pun tidak menjadi masalah, asalkan kalian bisa menanganinya dan menjadikannya sebagai acuan. Akan tetapi, bisa menjadi masalah jika kalian tidak mampu mengontrol perasaan tersebut, yang akhirnya bisa mengganggu seluruh aktivitas kalian.

Ada baiknya kalian melakukan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan rasa percaya diri serta motivasi kalian. Seperti mendengar motivator memberi arahan, mengikuti webinar, atau membaca buku yang bisa kurangi insecurities.

Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi judul buku pengembangan diri dari kami. Simak ulasannya ya!

1. The Things You Can See Only When You Slow Down

Buku yang cocok dibaca di kala senggang ini ditulis oleh Haenim Sunim, seorang biksu Zen dan mantan dosen di perguruan tinggi liberal arts di Massachusetts. Dengan 288 halaman dan 8 chapter, buku ini memiliki beberapa esai pendek serta kumpulan kalimat mutiara yang bisa membantu membangkitkan semangat pembacanya. Dengan membaca buku ini, dijamin kalian akan merasa tenang di tengah perasaan tidak aman yang sedang mengganjal.

2. Apa yang Kita Pikirkan Ketika Sendirian

Kebanyakan orang berpikir bahwa kesendirian berarti kesepian. Tetapi karya dari Desi Anwar ini mampu membuka pandangan pembaca tentang bagaimana menyikapi kesendirian dengan sudut pandang berbeda. Yang pasti kesepian dan kesendirian bisa dihadapi dengan lebih bijak. Buku ini berisi banyak jenis tulisan, mulai dari opini, kontemplasi, kalimat perenungan dan refleksi diri yang akan menyadarkan pembacanya.

3. How to Respect Myself

Lagi, How to Respect Myself juga cocok untuk masuk dalam jajaran buku yang menginspirasi. Terutama bagi kalian yang ingin mengenal diri serta lebih banyak mencintai diri sendiri, mengingat seringkali orang lupa untuk mementingkan dan lebih menghargai diri sendiri.

Buku yang ditulis oleh dokter kejiwaan, Yoon Hong Gyun ini juga mengajarkan pembaca bahwa hidup tidak selalu mulus, akan selalu ada hambatan-hambatan di tengah perjalanan yang kita lalui. Berbagai perasaan pun akan kita rasakan dan buku mengajarkan kita bagaimana mengartikan emosi dan perasaan diri sendiri.

4. I Want to Die but I Want to Eat Tteokpokki 2

Memiliki judul yang unik dan menarik perhatian, buku ini bercerita tentang Baek Se Hee, seseorang yang didiagnosa mengidap distima dan sedang dalam proses untuk memperbaiki hidupnya. Ia sering membandingkan hidupnya dengan orang lain, membenci diri sendiri, merasa sangat buruk, memiliki banyak kekhawatiran yang membuat hidupnya seperti tidak berarti.

Belum lagi luka dan trauma di masa lalu yang menghantuinya, membuat ia harus mencari cara untuk bisa bangkit. Jika kalian mengalami hal yang sama dengan Baek Se Hee, ada baiknya kalian membaca buku ini dan mencari jalan keluar sebagaimana Baek Se Hee melakukannya.

5. Yes to Life

Fokus membahas tentang makna dan nilai kehidupan, buku ini cocok menjadi referensi bagi kalian yang ingin menggali lebih dalam tentang arti hidup sesungguhnya, ingin mengembangkan potensi diri dan mencari inspirasi. Dijamin buku karya Victor E. Franki ini bisa membuat kalian menjadi sosok yang baru yang lebih menghargai kehidupan.

Membaca buku-buku di atas mungkin tidak bisa menyelesaikan masalah dalam kehidupan kalian, tapi pasti bisa membantu menginspirasi dan menemukan jalan keluar dari masalah kalian. Karena setidaknya yang kalian butuhkan adalah kata-kata yang bisa memberi semangat dan mengajarkan bahwa hidup benar bermakna. (mnd/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar