Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Alat Musik Tradisional Indonesia Ini Sudah Diakui Dunia

(Foto: Adrian Hartanto, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Keragaman merupakan berkah terbesar yang diberikan pad Indonesia. Letak geografisnya yang luas dan beraga membuat Indonesai kaya akan budaya. Termasuk budaya dan tradisi bermusik. Dalam banyak budaya lokal daerah Indonesia, musik sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan.

Hal ini membuat kita memiliki banyak alat-alat musik tradisional. Ia terus digunakan higga hari ini dan menjadi salah satu warisan yang bahkan, diakui oleh dunia. Apa saja alat-alat musik tersebut?

1. Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional Indonesia yang pertama kali dikenal di daerah Jawa, Sunda, dan Bali. Gamelan pun sudah mendapat pengakuan Internasional melalui UNESCO sejak tahun 2014. Gamelan punya tangga nada pentatonis dalam sistem tangga nada slendro dan pelog. Pada gamelan terdiri dari instrumen musik perkusi yang digunakan pada seni musik karawitan.

2. Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang dinobatkan UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity. Angklung banyak dimainkan oleh masyarakat suku Sunda. Kini banyak komunitas Angklung yang di Indonesia yang bertujuan untuk melestarikan angklung.

3. Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional di Indonesia yang berasal dari Tanah Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando itu alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara memetik dengan jari-jemari tangan. Sasando jadi alat musik tradisional dari kebudayaan Rote yang sudah mendunia karena pernah dimainkan pada ajang internasional.

4. Kolintang

Kolintang pada Tahun 2009 dimainkan secara massal oleh 1.223 orang dan berhasil memecahkan rekor dunia Guinness World Records. Berkat pencapaian itu kolintang pun jadi alat musik yang tidak hanya dikenal masyarakat Indonesia tetap mendunia.

5. Tifa

Tifa adalah alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya di daerah Maluku dan juga Papua. Alat musik ini bentuknya mirip dengan gendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya. Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas. Tifa telah diperkenalkan ke dunia melalui Festival fete de la musique 2021 yang digelar UNESCO Creative Cities Network (UCCN).

Sekian beberapa alat musik khas Indonesia yang dikenal masyarakat internasional. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar