Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Alasan Negara Albania Wajib Masuk List Travelmu, Mulai dari Keindahan Alam hingga Toleransi Agama!

Foto Pegunungan Alpen di Albania yang sangat indah. (Instagram @albaniantravel)

Surabaya (beritajatim.com) – Albania adalah permata yang jarang dikenal di tenggara Semenanjung Balkan. Bagi orang Indonesia sendiri, mungkin sebagian ada yang merasa asing dengan negara ini, atau bahkan menerka-nerka dari benua mana negara ini berada.

Sekarang yang paling dikenal para pelancong dari negara ini adalah keindahan pegunungan Alpen dengan suasana Mediterania yang menyejukkan, alam dengan ngarai sungai yang indah, lembah-lembah subur dan teluk-teluk kecil dengan tebing yang curam.

Negara kecil ini terletak diantara Laut Adriatik dan Laut lonian. Negara tetangga Albania termasuk Montenegro dan Kosovo di utara, Makedonia Utara di timur, Yunani di selatan, dan kamu juga bisa mengunjungi Italia dari negara ini dengan naik kapal feri ke arah barat.


Berikut 5 alasan meengapa negara Albania wajib masuk list travel liburanmu.

1. Pemandangan Pegunungan Alpen Albania yang menakjubkan

Siapa yang menyangka bahwa negara kecil ini memiliki pemandangan dan aktivitas gunung yang begitu spektakuler?

Perjalanan dapat kamu mulai dari menyeberangi perbatasan dengan mobil dari Montenegro menuju ke Valbona melalui Skodra, salah satu kota besar Albania.

Rute ke pegunungan Alpen termasuk melalui perjalanan kapal feri melewati perairan Danau Koman dengan pemandangan yang menakjubkan. Terdapat lereng curam sepanjang perjalanan yang terbungkus dalam hutan lebat, diantara celahnya terlewati sungai-sungai dan dapat membawamu merasakan suasana dalam film-film berlatar desa di Eropa.

Jalur utama pendakian ini populer di musim panas dan lebih dianjurkan, dengan jalan yang cukup lebar dan teguh, jarak perjalanan melewati jalur ini sekitar 16 mil dari Thethi, salah satu desa di Albania, akan tetapi jalur ini akan ditutup selama musim dingin.

2. Perjalanan laut dan pantai Albania

Dari kota Vlore sampai ke perbatasan Yunani, Albania menawarkan pemandangan pantai, teluk pribadi dan air terjun yang indah.

Restoran seafood dan hotel berada di beberapa spot garis pantai dan dekat pelabuhan. Lokasi penginapan yang dekat memungkinkan kamu untuk bisa sampai di pantai dengan mudah. Pantai akan ramai pengunjung selama puncak musim panas dengan banyak aktivitas, seperti tarian dan juga konser.

3. Keramah tamahan penduduk dan sikap toleran beragama

Salah satu keistimewaan mengenai Albania adalah orang-orangnya. Mungkin dalam cerita-cerita film, kamu mengenal negara ini sebagai tempat perdagangan ilegal dan narkoba.

Lupakan itu sejenak, faktanya negara ini memiliki penduduk yang ramah dan memiliki toleransi tinggi dalam beragama. Negara ini memeluk dua agama besar dunia, yakni Islam dan Kristen, dengan lebih dari setengah persennya memeluk agama Islam. Sehingga bagi turis dari Indonesia maupun negara beragama lainnya tidak perlu khawatir mengenai perbedaan budaya yang terlalu mencolok, Masjid dan gereja cukup mudah ditemukan di negara ini.

Khususnya di kota Berat, dimana terdapat museum Onufri yang melambangkan kerukunan dalam beragama. Museum ini bisa dibilang sebagai karya seni yang Identik antara kedua agama yang melukiskan kisah-kisah Kristiani dan kemegahan menara-menara masjid yang menjulang.

4. Olahan masakan Mediterania yang menggugah selera makan

Struktur tanah dengan lembah dan dataran hijau yang subur, membuat negara ini menyediakan sayuran segar, buah-buahan, daging, dan anggur yang berkualitas.

Kamu bisa menemukan makanan seperti Tav yang sangat mirip dengan casserole, dibuat dengan daging domba, yogurt, dan telur yang cocok dipadukan dengan rasa rempah lokal. Atau kamu bisa menemukan makanan lebih ringan untuk sarapan, seperti keju segar feta, roti khas Albania dengan irisan mentimun, telur rebus dan berbagai macam daging yang diiris tipis. Kamu juga bisa menemukan beragam olahan laut, seperti kerang, gurita, ikan dan cumi-cumi bakar.

5. Albania termasuk menyediakan akses liburan yang murah

Apa yang tidak disukai dari liburan ke luar negeri? Yup, biaya yang terbilang tidak sedikit. Albanian Lek adalah mata uang yang digunakan di Albania. Dengan perbandingan 1 lek Albania sama dengan 127.62 rupiah atau 0,0089 untuk dolar Amerika. Sudah bisa bernapas lega, kan?

Kamu dapat menemukan resor dengan beragam fasilitas hingga bintang lima yang tersedia di sekitar pegunungan Alpen dan sepanjang pantai. Dengan 200 dolar atau sekitar 2 juta Rupiah permalam di hotel bintang lima, kamu bisa menikmati Kamar dengan pemandangan laut yang bisa dilihat dari balkon besar. Makanan yang terbilang mahal di sana bisa kamu dapatkan dengan harga $12 per piring.

Itulah 5 alasan mengapa kamu harus memasukkan negara Albania ke dalam list traveling-mu. Selain destinasi di atas, kamu juga bisa hanya sekadar berjalan-jalan di kota-kota besar Albania seperti Berat, Butrint dan Gjirokaster yang menyuguhkan bangunan istana dan pemandangan indah dengan bangunan bergaya Romawi, Bizantium dan hasil peradaban islam Usmani. (Kai/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev