Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Alasan Mengapa Kopi Bisa Membuatmu Tampak Cantik, Lengkap Cara Membuat Masker untuk Wajah

Ilustrasi seseorang tengah memakai masker yang terbuat dari ekstrak kopi. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Selain untuk dikonsumsi, ternyata kopi memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Salah-satunya untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Beberapa merek produk perawatan kulit bahkan menambahkan ekstrak kopi ke dalam produk mereka.

Untuk mendapatkan manfaatnya pada kulit, anda bisa memakai kopi sebagai masker wajah. Berikut 5 manfaat kopi untuk kecantikan:

1. Mengangkat sel kulit mati


Penggunaan kopi sebagai masker bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Butiran bubuk kopi dipercaya mampu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menstimulasi sirkulasi darah di bawah kulit.

Hal itu berdampak pada pengurangan minyak berlebih pada kulit, sehingga membuat wajah tampak lebih segar. Manfaat lainnya ialah melembutkan kulit serta memudarkan lingkaran hitam pada mata.

2. Membuat wajah tampak awet mudah

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kopi dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Kulit yang terlalu sering terpapar radikal bebas berlebih dapat menyebabkan kemunculan tanda penuaan lebih epat.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Menggunakan masker kopi dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Namun, anda tetap dianjurkan menggunakan tabir surya jika ingin beraktifitas di luar ruangan.

4. Merawat kulit berjerawat

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat. Namun , jika kamu tengah mengalami masalah jerawat, kamu tetap bisa menggunakannya, sebab kopi memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat merawat kulit berjerawat.

5. Menenangkan kulit wajah

Kandungan kafein pada kopi memang dapat memberi efek stimulasi, jika dikonsumsi. Tapi, jika kopi dimanfaatkan sebagai masker kulit, kandungan antioksidannya mampu menenangkan kulit wajah.

Bagaimana cara membuat kopi menjadi masker?

Untuk memanfaatkan kopi menjadi masker wajah, caranya cukup mudah. Kamu tinggal mencampurkan serbuk kopi dengan pelarut alami yang memiliki sifat non komedogenik. Seperti: minyak zaitun atau susu netral. Campurkan kedua bahan hingga membentuk tekstur seperti pasta.

Selanjutnya oleskan ke wajah dengan gerakan memutar secara perlahan. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Ingat, anda harus memastikan maker kopi yang digunakan selalu segar atau baru dibuat. Hal ini untuk mencegah hadirnya bakteri yang justru bisa membuat iritasi pada kulit. (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev