Iklan Banner Sukun
Ragam

4 Tips Ampuh Atasi Stress Saat Mengerjakan Skripsi, Auto Wisuda Tepat Waktu

Ilustrasi stres karena mengerjakan skripsi. (Foto: Andrea Piacquadio, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tahun terakhir berstatus sebagai mahasiswa bisa dikatakan sebagai waktu yang paling membuat stress dan khawatir tingkat tinggi.

Hal ini terjadi karena Anda harus kerjain skripsi agar bisa lulus kuliah tepat waktu sesuai rencana. Agar tidak mudah stress, tenang ini beberapa tips yang bisa mengatasi.

Pilih waktu yang kondusif

Waktu yang kondusif itu penting, hal ini untuk membuatmu bisa fokus dan konsentrasi. Setiap orang punya tingkat kefokusan masing-masing. Ada yang bisa fokus di tempat ramai ada pula yang harus mencari tempat sepi, pagi subuh atau malam dini hari. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman dan merasa santai saat mengerjakan skripsi.

Tingkatkan konsentrasi dengan musik

Jika hendak mengerjakan bagian skripsi yang bagi Anda cukup sulit dituliskan, coba dengarkan musik. Dikutip dari healtylife saat mengerjakan skripsi dengan basis angka, pilih musik klasik.

Jika Anda ingin lebih kreatif dalam menulis skripsi bisa pilih musik pop atau rock. Musik R&B akan membuat otak lebih tenang namun tetap terjaga. Pilih genre R&B jika Anda sedang melakukan analisis.

Ambil Jeda Untuk Istirahat

Saat proses mengerjakan skripsi ada kalanya Anda memiliki masalah-masalah yang membebani, mulai dari penelitian terhambat hingga revisi dosen pembimbing. Tak apa untuk istirahat sejenak lalu keluar bersama teman.

Refresh pikiran Anda misalnya dengan melakukan hal menyenangkan seperti nonton di bioskop atau sekadar nongkrong di kafe. Lakukan jeda lain misalnya dengan bersepeda, lari kecil, atau olahraga lain.

Jangan jadikan skripsi sebagai ajang perlombaan

Skripsi bukanlah ajang perlombaan, jadi tak perlu berburu saling cepat dengan orang lain atau teman untuk menyelesaikan skripsi.

Melihat teman di sekitara Anda sudah sidang lebih dulu seringkali membuatmu justru terbebani. Oleh karena itu, fokuskan saja pikiran Anda untuk menyelesaikan skripsi bukan pada orang lain.

Skripsi tidak menuntut harus sempurna tanpa adanya celah dan kekurangan. Karena pada intinya, skripsi yang baik adalah skripsi yang dikerjakan dan selesai. Tidak perlu stres mengerjakan skripsi, jika tekun dan konsisten pasti akan selesai. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar