Iklan Banner Sukun
Ragam

4 Makanan Khas Korea yang Terkenal Non Hallal di Negaranya, Tapi Halal di Indonesia

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa yang gemar mengkonsumsi makanan Korea? Iya tentu, bagi sebagian penggemar K-Drama maupun K-Pop sudah tidak asing lagi di lidah mereka.

Selain itu berbagai makanan, camilan, maupun minuman Korea juga turut hadir menghiasi swalayan ataupun restoran di Indonesia.

Tapi taukah Anda jika sebagian makanan Korea yang kita kira halal, ternyata bersifat non halal jika di Korea.

Hal ini karena makanan Korea tersebut dibuat dengan kandungan babi. Apa saja sih makanan Korea terkenal yang nonhalal itu?

1. Jajangmyeon

Jajangmyeon adalah olahan mi terkenal dari negeri ginseng. Tampilanya hitam karena mi dibalut pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon diberi pelengkap daging dan ragam sayuran.

Untuk daging, aslinya jajangmyeon di Korea memakai daging babi. Kalaupun ada restoran yang menyediakan jajangmyeon pakai daging sapi atau seafood, jumlahnya sangat sedikit.

Namun, restoran Korea yang ada di Indonesia kebanyakan mengganti daging babi dengan daging ayam, sapi, atau seafood sehingga bisa dinikmati muslim.

2. Kimchi

Kimchi merupakan makanan berfementasi khas Korea, memiliki beraagam isian mulai dari sayuran hingga daging.

Jika di korea Kimchi Jjigae memakai daging babi, namun restoran Korea disini menyajikan dengan daging sapi atau tuna.

3. Corn Dog

Sebagai jajanan kaki lima ternyata corn dig non halal, lho. Tapi hal ini berlaku di Korea Selatan saja.

Jajanan yang berbahan dasar adonan tepung berisi sosis atau keju mozzarella ini, memakai isian sosis ayam atau sapi jika di Indonesia.

Namun, corn dog di Korea masuk makanan nonhalal karena memakai sosis daging babi. Para muslim yang sedang traveling ke Korea pun disarankan tidak jajan corn dog.

4. Gamjatang

Makanan Korea nonhalal selanjutnya adalah gamjatang. Selintas tampilannya seperti sup kentang biasa karena memang salah satu isian gamjatang adalah kentang.

Tetapi, jika Anda ingin melakukan traveling ke Korea harus hindari makanan ini, lantaran kaldunya terbuat dari tulang babi.

Nah itulah tadi beberapa makanan non halal Korea yang menjadi halal di Indonesia, lantaran isiannya yang dirubah. Meskipun berbeda, namun rasanya pun tetap sama tidak kalah enaknya dengan versi yang dijajakan di Korea. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev