Iklan Banner Sukun
Ragam

4 Langkah Strategis untuk Memulai Bisnis Cafe

Memulai bisnis cafe mesti memperhatikan banyak hal (foto : istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – PPKM tidak membuat sebagian menjadi minder dan kurang percaya diri dalam mengembangkan dirinya. Jika diperhatikan ketika ada bisnis cafe yang tutup, namun tidak sedikit dari mereka yang baru merintis. Bukan hanya itu, pada beberapa daerah sekarang cafe sudah banyak muncul bahkan tidak tempat terpencil .

Berbisnis memang menyenangkan, namun kita perlu memahami dengan tepat beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk mengurus dan mengembangkan bisnis tersebut. Sering kali, kita abaikan tapi perlu untuk dipahami adalah biaya operasional yang bisa ditekan berdampak besar bagi peningkatan usaha.

Biar gamblang, ini hal-hal penting yang bisa dilakukan sebelum memulai bisnis cafe.

1. Manfaatkan teknologi
Teknologi berguna untuk membantu pekerjaan manusia dan mengurangi biaya operasional. Salah satu contoh, konsumen dapat memesan dengan memindai barcode di meja lewat handphone, lalu tinggal tunggu pesanan datang sehingga kita tidak perlu membayar pelayan untuk mengantarkan daftar menu dan mencatat pesanan..

2. Penentuan desain dan layout
Tidak hanya menjual makanan, di era ini banyak cafe yang lebih mengutamakan estetika ruang sebagai daya tarik. Maka dari itu, buatlah ruangan dan desain lebih efisien sehingga tidak mengganggu kinerja dan tidak memperumit operasional. Pengaruh dari layout yang salah akan membuat pemilik coffee shop, biaya operasional meningkat.Sebagai contoh adalah desain dapur dan bar digabungkan, sehingga karyawan bisa mengerjakan beberapa bagian sekaligus.

3. Mulailah dengan Cepat dan Tak Perlu Persiapan Lama
Sebagian orang mungkin kurang setuju dengan pernyataan ini, namun faktanya ini adalah hal yang biasa terjadi. Semakin panjang persiapan untuk menjual sebuah menu, maka biaya operasional semakin besar. Jadi ketika sudah bertemu ide, mulailah untuk membuat produk dan dirilis agar cepat terjual. Selain itu, perhatikan persiapkan bahan olahan sebelum gerai kopi operasional. Jika perlu, kajian dan review ulang menu-menu yang dijual. Dimulai dari hal-hal kecil untuk melihat perkembangan dan lebih hemat biaya operasional. Saat sudah berjalan dengan baik, kita bisa mencoba kreasi atau menu baru lainnya.

4. Furniture Berkualitas
Cafe yang ada saat ini kebanyakan menggunakan bahan atau peralatan yang terkesan mewah. Namun seringnya kita perlu berpikir ulang saat membeli alat yang berkualitas karena harganya yang tinggi. Ketika dihitung untuk jangka panjang, bukan masalah jika harus mengeluarkan biaya tinggi dengan kualitas produk yang lebih bagus. Hal ini dikarenakan saat umur pakai yang lebih panjang, maka biaya service lebih rendah karena punya daya tahan yang lama. [prd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar