Iklan Banner Sukun
Ragam

4 Khasiat Daun Kelor untuk Tubuh, Jadi Ramuan Nenek Moyang Turun Temurun

Ilustrasi daun kelor yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia. (Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Mendengar kata daun kelor, barang kali kamu sudah tidak asing lagi. Jenis tumbuhan tropis ini memang terkenal kaya manfaat. Selain itu, ia juga mudah tumbuh di berbagai tempat, tidak jarang tumbuhan satu ini tumbuh liar di pekarangan atau kebun.

Meski banyak tumbuh liar, daun ini ternyata banyak memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Di antara kandungan yang terdapat di dalam daun kelor ialah: karbohidrat, protein, zat besi, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A dan asam folat.

Lalu, tahukah kamu apa saja manfaat dari daun kelor ini? Yuk langsung simak artikelnya!

1. Menangkal radikal bebas

Tumbuhan yang memiliki bentuk bulat kecil ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi.

Senyawa ini sangat dibutuhkan tubuh kita, sebab jika tubuh menyerap terlalu banyak radikal bebas, hal itu dapat menimbulkan stress oksidatif dalam tubuh, yang bisa menimbulkan penyakit diabetes tipe dua dan penyakit jantung.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Tidak hanya daun dari tumbuhan kelor yang kaya akan manfaat, batang tumbuhan ini pun bermanfaat bagi kesehatan. Ekstrak dari kulit batang kelor, dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Di antara jenis sel kanker yang bisa dihambat dengan mengonsumsi ekstrak batang kelor ialah kanker usus besar, pancreas dan payudara. Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan anti oksidan yang tinggi pada tumbuhan daun kelor.

3. Mengontrol tekanan darah

Jika kamu memiliki riwayat Kesehatan, di mana tekanan darahmu sering tidak stabil. Maka, ada baiknya kamu mengkonsumsi daun kelor. Sebab, selain mengandung antioksidan yang tinggi, tumbuhan ini juga mengandung senyawa kalium yang bisa menjaga tekanan darah tetap stabil.

4. Menjaga Kesehatan mata

Daun kelor juga terkenal kaya akan kandungan vitamin A di dalamnya. Hal ini, membuat tumbuhan satu ini baik dikonsumsi untuk menjaga Kesehatan mata. Seperti: mengurangi resiko mata plus, mata minus, silinder sampai katarak.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam daun kelor. Untuk mengambil manfaat dari tumbuhan ini, kamu bisa menjadikannya sebagai sayuran untuk pelengkap makanan atau meminum rebusan dari daun kelor. (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev