Ragam

4 Hobi Soekarno, Dari Baca Buku hingga Nonton Film

Soekarno sedang membaca buku (foto : istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Soekarno, atau biasa disebut Bung Karno merupakan salah satu pendiri Bangsa Indonesia, lahir pada 6 juni 1901 di Peneleh, Surabaya dan menempuh pendidikan bersama pribumi dan orang-orang Belanda. Tumbuh besar dengan lingkungan yang penuh gejolak politik negara-negara kolonial seperti Belanda dan negara-negara yang dijajah seperti Indonesia.

Dengan dinamika asimilasi budaya yang seperti itu, maka Soekarnopun tumbuh dengan mempunayi hobi-hobi yang menarik, tentunya berkatitan dengan alam pemikiran dia bagaiaman agar bisa memerdekaan bangsa Indonesia saat itu. Berikut empat kegemaran Soekarno.

Membaca buku

Menjadi orang yang meletakkan batu cerita sejarah seperti Soekarno, tidak mungkin jika dia tidak memiliki kegemaran membaca Buku, dengan keluasan wawasan dia dan juga ketekunan membaca bukuna, Soekarno menjadi sosok yang sangat dikagumi dunia.

Belajar bahasa asing

Saat Soekarno masih sekolah, dia bergaul dengan orang-orang non pribumi yang tidak berbahasa Indonesia, dia sadar bahwasanya salah satu kekuatan yang bisa digunakan untuk berdiplomasi dengan penjajah adalah bahasa, Soekarno pun akhirnya bisa berbicara banyak bahasa, seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Belanda.

Merokok setelah makan

Satu hal yang biasa dilakukan Sukarno seusai makan adalah merokok. Ini dia lakukan usai makan dan menyantap buah bersama keluarga jika tidak di luar Istana.

Putri ketiga Sukarno dari Fatmawati, Rachmawati Soekarnoputri, punya kenangan tersendiri soal rokok bapaknya ini. Rachma yang selalu mengambil kursi di sisi meja sebelah kanan Bung Karno, sangat intens mencermati cara makan bapaknya.

Menonton Film

Sukarno sangat menyukai film. Dia akan menabung untuk bisa menonton bioskop. Kadang karena uangnya kurang, Soekarno muda menonton bioskop dari balik layar, sehingga film yang ditontonnya terbalik-balik.

Seperti ditulis Cindy Adams dalam buku Bung Karno Penyambung Lidah rakyat Indonesia, Sukarno mengaku tiga kali seminggu menonton film di Istana. Film yang disukai Bung Karno adalah karya bergenre sejarah dan biografi.

Berikut kegemaran yang biasa dilakukan oleh Bung Besar kita, tidak jauh dari bagaimana caranya menambah wawasan agar menjadi pribadi yang unggul dan berguna bagi semua. [dep/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar