Iklan Banner Sukun
Ragam

4 Fakta Afasia: Gangguan yang Dialami Aktor Bruce Willis

Foto aktor Bruce Willis mengidap Afasia (Tangkapan Layar Instagram @dobledebruce)

Surabaya (beritajatim.com) – Ramai pemberitaan tentang aktor Bruce Willis beberapa waktu lalu dikabarkan mengalami gangguan afasia, sehingga membuatnya harus mundur dari dunia film.

Afasia sendiri merupakan hilang atau menurunnya kemampuan seseorang dalam melakukan komunikasi, baik berbicara, membaca, pun juga dalam memahami bahasa lisan dan tulisan.

Sehingga hal ini berakibat, penderita susah dalam mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran karena kesulitan mengingat dan menyusun kalimat. Konsekuensinya, penderita akan kesulitan saat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.

Gangguan afasia ini dipicu kerusakan otak yang mengontrol ekspresi dan pemahaman bahasa. Kondisi afasia itu, seperti dilansir dari laman John Hopkins Medicine, lembaga riset dan layanan kesehatan di Amerika Serikat, paling banyak ditemukan pada orang yang mengalami serangan stroke.

Disamping itu, kerusakan otak juga bisa dipicu oleh cedera kepala, infeksi, tumor otak, dan penyakit degeneratif yang memicu rusaknya otak secara permanen. Untuk lebih tahu mengenai penyakit ini, berikut 5 fakta penyakit afasia.

1. Apa itu afasia?

Afasia adalah hilang atau menurunnya kemampuan seseorang untuk berkomunikasi, baik berbicara, membaca, maupun memahami bahasa lisan dan tulisan. Hal ini lantas berdampak pada seseorang yang susah menangkap komunikasi atau melakukan komunikasi dengan orang lain.

2. Pemicu afasia

Afasia dipicu kerusakan otak yang mengontrol ekspresi dan pemahaman bahasa. Kerusakan otak yang memicu afasia itu pada umum ada di bagian otak kiri, yaitu bagian otak yang dominan dalam memproses kemampuan manusia berbahasa.

3. Siapa yang mengalami afasia?

Afasia akan sangat rentan terjadi pada penderita stroke, kerusakan otak itu dipicu pecahnya pembuluh darah di otak sehingga otak kekurangan darah dan oksigen. Akibatnya, sel otak di bagian yang mengontrol bahasa itu rusak atau mati.

4. Pengobatan afasia

Afasia dapat disembuhkan. Sebagian kecil kasus, seperti ditulis di John Hopkins Medicine, bisa sembuh total tanpa pengobatan. Namun, sebagian besar kasus menjadi gangguan yang menetap. Sehingga cukup sulit untuk ditangani dan disembuhkan.

Itulah beberapa fakta tentang afasia yang ramai diperbincangkan karena dialami oleh Bruce Willis. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar