Iklan Banner Sukun
Ragam

4 Alasan Pentingnya Membangun Personal Branding Bagi Penulis

Ilustrasi seorang penulis yang sedang membangun personal branding. (Austin Distel, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Personal branding di era digital ini adalah hal yang sangat penting, bukan hanya bagi perusahaan tapi juga bagi individu. Utamanya apabila Anda bekerja menjadi freelance, seperti penulis, atau content writer.

Bagi Anda yang ingin menampilkan karya serta menonjolkan personal branding sebagai penulis, kamu dapat melakukannya melalui sosial media, atau platform penyedia layanan jasa ini. Berikut ini 4 alasan pentingnya membangun personal branding bagi penulis.

1. Membantumu untuk stand out di antara penulis lain


Membangun personal branding memberi kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan keterampilan, minat, dan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, ini merupakan cara untuk menarik perhatian para pembaca untuk membaca karya Anda dari berbagai macam pilihan konten yang saat ini semakin beragam dan menjamur.

2. Membangun koneksi yang baik dan personal dengan pembaca

Adanya personal branding akan membantu pembaca lebih mengenal Anda melalui tulisan yang dibuat. Dengan membangun personal branding, Anda bisa menghidupkan kata-kata dari tulisan.

Selain itu, Anda dapat membantu pembaca membayangkan kepribadian yang Anda miliki di balik kata-kata saat mereka membaca tulisan Anda. Dengan cara ini, Anda makin dekat dengan pembaca, dan pembaca merasa terlibat dengan Anda.

3. Membantu menghasilkan lebih banyak pekerjaan

Personal branding membantu membangun presensi Anda secara dari, terutama jika Anda rajin memasukan tulisan ke dalam media online seperti Blog atau media sosial.

Jika Anda sudah mulai membangun presensi secara daring maka pekerjaan atau client bisa saja menemukan Anda secara online. Pekerjaan pun datang karena client memberikan tawaran pekerjaan.

4. Membantumu untuk menetapkan keahlian yang dimiliki

Dengan adanya personal branding, para pembaca atau bahkan klien masa depan Anda akan mengetahui keahlian menulis apa yang dimiliki. Apakah menulis cerita pendek fiksi? Artikel tentang pengetahuan? Atau bahkan menulis cerita panjang seperti novel. Hal ini tentunya memberikan gambaran kepada pembaca atau klien tentang keahlian Anda.

Bangun personal branding yang baik di media sosial. Tujuannya agar keahlian dan kemampuan Anda bisa dilirik orang sehingga mudah mendapat pekerjaan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev