Iklan Banner Sukun
Ragam

3 Tipe Cara Seseorang Belajar, Cara Cepat Pahami Pelajaran

Ilustrasi tipe belajar visuality dengan menunjukkan secara visual pelajaran. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap orang tentu mempunyai cara yang berbeda-beda untuk belajar dan memahami suatu hal. Sebagian orang bahkan perlu menciptakan suasananya sendiri agar tetap fokus dan materi yang ingin dipelajari cepat masuk.

Selain pemilihan suasana yang harus sunyi atau bahkan dikaramian juga tidak masalah, Sebenarnya ada tiga tipe cara seseorang belajar yang umum ditemui, di antaranya;

Auditory

Sesuai namanya yang mengandung kata audio, cara belajar auditory lebih menekankan pada suara atau segala yang ia dengar. Seperti halnya, musik, rekaman materi, radio, atau pidato seseorang.

Biasanya orang-orang dengan tipe ini cenderung, tidak bisa memahami suatu hal tanpa mendengarkan musik. Ia juga lebih senang membaca dengan suara yang lantang.

Tipe auditory juga lebih memahami dari segala hal yang ia dengar daripada yang dilihatnya di papan atau buku.

Visuality

Berbeda dengan tipe audiotory, tipe visuality justru memahami suatu hal dengan mengandalkan gambar, ilustrasi, atau apapun yang ia baca dan lihat. Menurut mereka, cara ini dirasa bisa lebih optimal untuk dipahami.

Adapun ciri-ciri orang dengan tipe ini biasanya lebih mudah mengingat hal secara visual. Tak ayal jika ia lebih suka menonton film daripada mendengarkan musik.

Terlebih para visuality juga dikenal sebagai sosok yang rapi, teratur, karena cendrung sangat memperhatikan penampilan.

Kinestetik

Jika tipe belajar sebelumnya lebih mengutamakan indera pendengaran dan penglihatan, cara belajar yang satu ini justru lebih aktif secara fisik. Karena mereka belajar melalui gerakan, sentuhan, dan juga emosi.

Tak ayal jika tipe yang satu ini biasanya lebih suka tempat-tempat keramaian ketika berusaha memahami sesuatu. Terlebih, sosok yang memang suka menyibukkan diri. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar