Iklan Banner Sukun
Ragam

3 Manfaat Terapi Musik Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Surabaya (beritajatim.com) – Terapi dengan menggunakan musik sudah cukup lama dikenal bagi dari segi manfaat untuk membantu meringankan depresi maupun untuk menetralisir gangguan kecemasan.

Selain meningkatkan kesehatan mental, musik dapat membantu dalam memperbaiki kualitas hidup orang yang punya masalah kesehatan fisik.

Jika Anda suka musik, mungkin sudah tahu bahwa musik dapat mempengaruhi suasana hati. Anda barangkali kerap menyetel musik dengan tempo yang agak cepat untuk membuatmu lebih bersemangat atau mendengarkan musik yang lembut saat Anda sedang bersantai.

Beberapa hal itu mengilustrasikan bagaimana musik dapat dimanfaatkan seseorang guna membangun suasana hati tertentu. Bahkan pada taraf yang lebih tinggi musik juga bisa meringankan rasa nyeri.

Terapi musik sendiri merupakan cara memulihkan kesehatan mental atau fisik dengan menggunakan berbagai cara terkait musik, antara lain yaitu: mendengarkan musik, memainkan musik, atau menciptakan lagu.

Tujuan dari terapi musik ini beragam, antara lain memperbaiki suasana hati, mendorong pelepasan emosi, meredakan stres, meningkatkan kualitas hidup, dan meredakan gejala kecemasan.

Penggunaan dan manfaat dari terapi musik sudah diteliti selama beberapa dekade. Salah satu penemuan kuncinya dari studi klinis bahwa musik dapat membantu orang yang mengalami depresi, gangguan tidur, dan bahkan penyakit kronis seperti kanker.Berikut ini beberapa manfaat dari terapi musik.

Menangani depresi

Dilansir dari dailymail, manfaat optimal ini didapatkan saat terapi musik dikombinasikan dengan perawatan yang lain, seperti antidepresan dan psikoterapi. Studi yang dipublikasikan “Journal of Affective Disorder” pada 2015 mengindikasikan bahwa saat metode tersebut dipadukan, terapi musik dapat membantu mengurangi pikiran obsesif, depresi, dan kecemasan pada orang dengan obsessive-compulsive disorder (OCD).

Membantu mengatasi insomnia

Banyak orang yang telah merasakan jika musik, atau juga white noise, membantu mereka untuk tertidur lebih cepat. Dibandingkan dengan obat-obatan yang biasanya dipakai untuk membantu orang tertidur, musik merupakan metode yang tidak terlalu invasif.

Membantu mengurangi rasa nyeri

Pada pasien dengan berbagai kondisi nyeri seperti mereka yang baru saja dioperasi, melahirkan, atau mengalami penyakit kronis. Musik dapat membantu mengurangi rasa nyeri tersebut.

Namun, perlu dicatat bahwa meski terapi musik dapat banyak membantu, tetap ingat bahwa dalam banyak kasus ini adalah terapi pendamping yang tidak bisa menggantikan perawatan utama, seperti perawatan medis atau psikoterapi. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar