Iklan Banner Sukun
Ragam

3 Komponen Penting Di Kamera Mirrorless

(Foto: Liam Shaw, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak kehadiran pertamanya tahun 2008, kamera Mirrorless perlahan tapi pasti mendapat tempat di hati para pelanggannya. Ukurannya yang lebih kecil dengan kualitas yang tak kalah dari DSLR menjadi salah satu alasan. Terlebih lagi, sekarang harga Mirrorless juga semakin terjangkau.

Kamera mirrorless sendiri adalah kamera yang tidak memiliki cermin dan jendela bidik optik, namun tidak mengurangi kualitasnya jik dibandingkan dengan DSLR karena menggunakan sensor yang berukuran sama. Agar lebih mahir menggunakan mirrorless, maari pelajari berbagai fitur atau komponen di dalamnya.

Berikut 3 komponen penting di mirroless, simak selengkapnya!

White ballance

Semua kamera saat ini juga memiliki white ballance. Dari kamera smartphone, DSLR juga mirrorless. Secara default, white ballance pada kamera bernama AWB (automatic white ballance). Yang berarti white ballance pada kamera akan secara otomatis menyamakan kondisi lingkungan pada saat pengambilan gambar.

Dalam hal ini anda pasti akan mengerti tujuan mempelajari white ballance pada kamera mirrorless yaitu, agar pada saat  mengambil gambar, tidak selalu menggunakan AWB dan warna foto akan sesuai seperti aslinya. Walaupun tidak menyerupai aslinya pada saat kita liat dengan mata telanjang, tetapi white ballance dapat di ubah berbeda dengan maksud lain, misalnya memberi efek dramatis pada gambar.

Metering

Mungkin anda pernah dengar mengenai metering. Metering berfungsi untuk mengukur kondisi cahaya di lingkungan agar mendapatkan exposure yang tepat. Terdapat dua macam metering yang sering digunakan dalam pengambilan gambar, metering pada fitur kamera adalah TTL (throught the lens) dan yang kedua metering dengan alat atau external, biasa disebut light meter external. Sebenernya light meter pada kamera juga sangat mumpuni, tetapi terkadang dalam kondisi yang tidak biasa metering pada fitur kamera juga tidak akurat. Metering TTL dapat mengukur cahaya dengan hitungan segitiga exposure.

Focusing

Dalam aturan baku dalam pengambilan gambar terutama menggunakan kamera mirrorless adalah focusing yang akurat. Ia menawarkan teknologi yang dapat mempertajam gambar melalui auto focus yang akurat. Selain itu focusing secara manual juga dapat dilakukkan karena di dalamnya terdapat fitur yang bernama focus marking. Dimana terdapat tanda area fokus di layar digital kamera mirrorless. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar