Ragam

3 Kerugian Ini Bisa Dialami Orang Yang ‘Tidak Enakan’

(Foto: Cuttonbro, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Faktanya, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial sehingga saling membutuhkan. Tentu saja, setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda sehingga kita perlu saling menyesuaikan satu sama lain.

Sadar atau tidak perasaan yang terlihat baik namun, bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Sikap ini adalah perasaan tidak enakan atau tidak bisa berkata tidak. Mungkin ini terkesan sepele. Namun jika tidak dikelola dengan baik, bisa membawa dampak buruk pada kesehatan mental.

Menolong dan memberikan bantuan pada yang membutuhkan memang hal baik tapi, tidak semua permintaan yang datang harus kita terima. Sehingga, perlu ada pertimbangan dan pengelolaan yang tepat kapa kita menerima permintaan seseorang dan kapan kita harus memilih untuk menolak dan berkata tidak.

Sebab, jika semua permintaan yang datang kita terima, bisa saja malah memberikan dampak buruk pada mental, akibat banyaknya tuntutan dari orang lain, dan kemampuan diri kita yang belum tentu mampu untuk memenuhi semuanya. Beberapa dampak yang perlu diketahui jika terus memelihara rasa tidak enakan tanpa pengelolaan yang tepat adalah:

Seringkali Dimanfaatkan Orang Lain

Beberapa orang memang memiliki tujuan hidup untuk menjadi bermanfaat. Tapi beda konteksnya jika hidup kita malah dimanfaatkan oleh orang lain. Faktanya, kadangkala ada perasaan yang kurang menghargai ada pada diri seseorang yang hanya bisa memanfaatkan tanpa memberikan timbal balik yang tepat. Maka dari itu, cobalah sesekali menolak dan bersikap agak egois sedikit pada dirimu sendiri.

Selalu berkata Iya dan Tidak Dapat Menolak Permintaan

Terkadang kita merasa ketika menolak akan memberikan dampak yang kurang baik pada orang lain bahkan mungkin perasaan kecewa dari yang meminta pertolongan. Namun, rasa takut ketika menolak memberikan dampak buruk pada diri kita sendiri. Ingat jika kita menolak permintaan bukan berarti kita adalah orang yang jahat. Tapi lebih menunjukkan jika kita berpegang teguh pada pendirian. Maka kita tidak perlu takut berkata “tidak” bahkan faktanya ketakutan yang kita alami sebenarnya tidak terjadi seperti yang dipikirkan.

Memandang Dirimu Remeh

Sikap yang terkadang muncul ketika kita menjadi seseorang yang tidak enakan adalah orang akan memandang kita remeh karena mereka menganggap jika kita tidak akan pernah memberontak. Bahkan beberapa diantara mereka jadi tidak tahu diri bahkan semena-mena dengan kita.(prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar