Iklan Banner Sukun
Ragam

3 Fakta Mernarik Tentang Kota Tegal, Dijuluki Rahimnya Marinir Hingga Jepangnya Indonesia

Tugu alun-alun Kota Tegal yang menjadi ikon daerah. (twitter @dewiratnaa26)

Surabaya (beritajatim.com) – Berikut ini beberapa fakta menarik yang berkaitan dengan Kota Tegal yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota Ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia.

Tegal merupakan salah satu wilayah agraris di sepanjang Pantai Utara (Pantura) dan terletak di wilayah Jawa Tengah ini dikenal sebagai Kota Bahari sejak 1950. Hal tersebut karena adanya industri galangan kapal yang berkembang disana.

Luas wilayah Tegal sendiri mencakup 87,60 kilometer persegi dengan 90 persen penduduk dari suku Jawa, serta sebagian kecil merupakan keturunan Arab dan Tionghoa.

Selain menjadi cikal bakal berdirinya Korps Marinir, kota yang terletak di perbatasan provinsi ini menyimpan berbagai fakta menarik yang wajib untuk diketahui. Simak yuk.

1. Jepangnya Indonesia

Siapa yang menyangka jika Tegal sempat dijuluki sebagai Jepangnya Indonesia. Meskipun tidak secara pasti kapan julukan itu bermula, namun hal tersebut berakitan dengan sejumlah industri pengecoran dan pengerjaan logam yang sengaja dibangun pada 1940 untuk mencukupi kebutuhan peralatan perang tentara Jepang.

Dari situ, masyarakat mendapatkan keterampilan untuk mengerjakan logam. Keahlian itu kemudian digunakan untuk membangun bengkel-bengkel sederhana di masa setelah itu.

2. Rahimnya Marinir

Memiliki letak yang mendukung, Tegal akhirnya menjadi kota yang dibangun cabang-cabang sekolah pelayaran oleh Belanda. Dalam arsip Sejarah ALRI, Zee Vaartschool di Surabaya sebagai sekolah untuk mencetak mualim besar juga memiliki cabang di Tegal dan Semarang.

Kemudian berlanjut ke masa penjajahan Jepang, di Tegal juga dibangun Sekolah Pelayaran Tinggi (SPT) dan Sekolah Pelayaran Rendah (SPR) yang kelak akan melahirkan kaum bahariwan, embrio dari Angkatan Laut Indonesia

Hingga akhirnya berganti nama menjadi TKR Laut pada 5 Oktober, dan telah menjadi basis berkumpulnya kaum bahariwan yang membantu angkatan Perang.

Tangga 15 November selalu menjadi peringatan hari jadi Korps Marinir TNI AL, lantaran dahulu IV Laut Tegal terbentuk dari satu unit Corps Mariniers pada tanggal dan bulan yang sama.

3. Bahasa Khas

Kota Tegal memiliki bahasa yang berbeda dengan kebanyakan daerah Jawa Lainnya, hal ini disebabkan lantaran letak Tegal berada di perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat.

Perbedaan tersebut mencolok lantaran terdapat perbedaan intonasi, pengucapan dan makna kata. Selain pada intonasinya, dialek Tegal juga memiliki ciri khas pada pengucapan setiap frasanya.

Nah itulah tadi beberapa fakta seputar Tegal yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev