Iklan Banner Sukun
Ragam

3 Alasan Anda Lebih Disukai Nyamuk Daripada Orang Lain

(Foto: Jimmy Chan, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Nyamuk ini memang mahluk yang unik. Masa hidup mereka sangat singkat hanya 24 jam. Namun, populasi mereka tak pernah berkurang. Bahkan, seolah mereka ini selalu ada di mana saja. Mereka hidup mulai dari hutan, sawah, rumah, bahkan di hotel-hotel berbintang, mereka masih tetap bisa hidup.

Ini adalah kejadian yang pasti dialami atau pernah kita rasakan. Digigit nyamuk seringkali mengganggu sehingga membuat kita yang bersantai atau menikmati hari jadi terganggu. Bukan hanya, itu, ketika kulit terasa risih akan membuat rasanya kita ingin menggaruk bentol yang ada. Namun, mungkin kita berpikir jika kita digigit nyamuk itu apa penyebabnya?

Terkadang ada menemukan masa hanya kita yang digigit nyamuk, namun orang disekitar kita tidak. Ternyata, nyamuk memang memilih orang untuk digigit dan dijadikan makanan bagi nyamuk. Faktor penyebabnya tentu saja berhubungan dengan komponen darah dan aroma tubuh seseorang. Sedangkan alasan lain yang kemungkinan dijadikan sebagai penyebab utama adalah 85% karena faktor genetik. Faktor pendukung lainnya adalah aktivitas fisik, keringat, kebersihan diri dan kehamilan.

Hati-hati Ketika Sedang hamil Rentan Digigit Nyamuk

Alasannya ibu hamil rentan mengalami hal ini karena berhubungan dengan kadar karbon dioksida yang dihasilkan. Faktanya, Ibu hamil mengeluarkan karbondioksida lebih banyak dibandingkan orang normal. Bukan hanya itu ibu hamil biasanya memiliki suhu tubuh sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan orang biasa. Itu menjadi salah faktor yang membuat nyamuk tergoda untuk menghampiri ibu hamil.

Tubuh Mengandung Kolesterol tinggi

Sebenarnya, hal ini tidak dapat diartikan jika nyamuk hanya menggigit yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Bisa jadi, mereka termasuk orang yang lebih efisien dalam memproses kolesterol, sehingga produk sampingan dari metabolisme kolesterol tersisa pada permukaan kulit. Hal ini membuat nyamuk tertarik untuk hinggap. Namun, ada lagi kadar steroid tinggi di permukaan kulit lebih menarik bagi nyamuk.

Pemilik Golongan darah O

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Medical Entomology pada tahun 2004 menemukan jika golongan darah O punya daya tarik nyamuk. Kemungkinan dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang bergolongan darah A. Sedangkan golongan darah B pada penelitian ada di posisi tengah-tengah. Meskipun memang belum ada penjelasan ilmiah mengenai golongan darah O lebih menarik bagi nyamuk. (PRD)


Apa Reaksi Anda?

Komentar