Iklan Banner Sukun
Ragam

2 Daftar Resep Olahan Makanan Yang Terbuat Dari Telur, Cocok Untuk Akhir Bulan

Menu tahu rambutan yang sudah matang dan lebih nikmat saat ditemani dengan sambal. (Sumber foto: @jinniebx)

Surabaya(beritajatim.com) – Saat akhir bulan sebagian orang tentu mencari cara agar bisa mengirit biaya pengeluaran, khusunya bagi anak kos yang mengandalkan kiriman dari orang tua.

Nah, Anda bisa memanfaatkan telur untuk dibuat berbagai olahan resep, salah satunya seperti menu tahu rambutan dan telur ceplok masak kecap.

Selain bisa disajikan bersama nasi, makanan satu ini juga bisa menjadi camilan Anda dikala santai.

Bahan dan Cara Membuat Tahu Rambutan
Nah berikut bahan dan cara untuk membuat 20 pcs sajian tahu rambutan yang mudah dan irit biaya.

Untuk bahan-bahannya siapkan 6 buah tahu kotak putih, hancurkan, 2 sdm tepung terigu, 1 butir telur, 1 batang daun bawang, iris-iris, gula garam lada secukupnya, dan kaldu ayam.

Selanjutnya untuk isiannya Anda dapat menggunakan telur puyuh, sosis, atau bakso sesuai selera.

Langkah membuatnya pun cukup mudah, yakni campurkan semua bahan yang sudah disiapkan menjadi bentuk bulat, lalu pipihkan dan beri isian, kemudian bulatkan kembali.

Setelah itu celupkan ke dalam telur kocok dan balurkan pada mie remas lalu padatkan. Jangan lupa untuk menggoreng hingga bewarna kecoklatan.

Bahan dan Cara Membuat Telur Ceplok Masak Kecap
Selanjutnya ada telur ceplok masak kecap, sepertinya lezat nih jika dimakan waktu musim hujan atau disaat udara terasa dingin.

Untuk bahannya, siapkan 6 butir telur, digoreng ceplok, terus sisihkan dulu ya. Selanjutnya tambahkan 1 buat tomat dan daun bawang secukupnya, potong-potong.

Siapkan juga 1/2 buah bawang bombay, potong panjang, 3 siung bawang putih, cincang halus, 3 buah cabai merah besar dan 3 buah cabai hijau besar, potong serong.

Iris serong cabai rawit sesuai selera, sedikit lada halus, 1 sdm saus tiram, 1 sdm kecap asin, 2 hingga 3 sdm kecap manis (sesuai selera), sedikit garam, dan 300 ml air.

Lalu untuk cara memasaknya, tumis bawang putih, cabai rawit dan sebagian bawang bombay hingga harum, lalu masukkan cabai merah dan cabai hijau, tumis hingga layu.

Tuangkan air, aduk hingga rata lalu tambahkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, lada halus dan sedikit garam

Tunggu hingga mendidih lalu masukkan telur ceplok, aduk pelan saja, lalu masukkan tomat, kemudian hingga meresap. Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan sebagian sisa bawang bombaynya, aduk rata dan koreksi rasanya, angkat lalu siap deh disajikan. (frs/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar