Iklan Banner Sukun
Ragam

12 Rekomendasi Lomba 17 Agustus Seru dan Menghibur, Nomor 5 Bikin Ngakak

Ilustrasi pengibaran Bendera Merah Putih di momen 17 Agustus. (mufidpwt, Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak terasa hari Kemerdekaan HUT RI ke-77 semakin dekat. Segala persiapan pun dilakukan untuk menyambutnya termasuk ide lomba 17 Agustusan. Sebagai warga negara Indonesia, momen memperingati hari kemerdekaan biasanya dimeriahkan dengan mengadakan lomba baik di sekolah, di tempat kerja dan di tempat tinggal.

Kegiatan lomba 17 Agustusan bisa jadi merupakan acara favorit dan paling ditunggu oleh seluruh warga Indonesia. Hal itu terjadi karena sangat semarak dan menyatukan berbagai elemen dalam masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua.

Berikut ini merupakan rekomendasi lomba 17 Agustusan yang bisa anda lakukan untuk memeriahkan momen spesial ini.

1. Balap Karung Pakai Helm

Lomba ini tentunya cukup berbeda dengan lomba balap karung pada umumnya dimana peserta berdiri dengan karung kemudian berlari. Dalam lomba ini, peserta akan masuk ke dalam karung dan diikat. Lalu peserta harus memakai helm supaya semakin susah bergerak. Peserta harus berjalan di dalam karung dengan kepala menggunakan helm dari garis start sampai finish yang sudah ditentukan.

2. Memindahkan Karet Pakai Sedotan

Peserta akan memakai sedotan untuk mengoper karet yang sudah disediakan di dalam wadah ke teman berikutnya. Cara memainkannya cukup mudah ditebak yakni estafet. Kesulitan terbesar adalah bentuk sedotan yang pendek dan lentur sehingga cukup susah diajak kompromi.

Baca Juga:

    3. Lari Pusing

    Peserta perlu memutar berkali-kali hingga pusing dan hilang keseimbangan, lalu berlari sampai garis finish. Hal ini tentu akan menjadi kesulitan sebab peserta akan merasa pusing dan kesulitan untuk dapat berlari secara kurus karena pasti akan merasa berputar-putar.

    4. Jaga Api lilin

    Para peserta akan dibagi menjadi beberapa regu. Lalu, setiap regu akan mendapatkan sebatang lilin yang menyala dan menjaganya supaya tidak mati sampai ke garis finish.

    Para panitia akan berusaha mengganggu dan mematikan lilin yang kamu jaga dengan cara menyiram dengan air atau dengan cara lain. Tugas para anggota kelompok adalah menjaga lilin tersebut dari gangguan para panitia.

    5. Futsal atau sepakbola menggunakan daster dan helm

    Sepak bola daster adalah permainan yang dilakukan secara berkelompok. Untuk memeriahkan lomba ini, selain mengenakan daster, tiap pemain dapat memakai pelengkap lain seperti helm atau jilbab.

    Permainan ini akan lebih seru dan bikin ngakak jika dimainkan oleh bapak-bapak. Lomba ini mirip sepak bola pada umumnya, hanya saja jumlah tim tidak harus 11 orang.

    6. Makan Kerupuk Jumbo

    Lomba makan kerupuk kali ini cukup berbeda dan kerap dijadikan sebagai salah satu lomba 17 Agustus lucu dan seru. Cara bermainnya yakni dengan mengikat ujung tali kerupuk pada ujung jempol kaki peserta, sehingga kerupuknya baru akan turun jika kakinya diangkat. Lomba ini sangat dibutuhkan kesabaran dan keseimbangan dari para pesertanya.

    7. Estafet Oper Air

    Estafet air ini adalah permainan yang menekankan pada kerjasama tim/kelompok. Peserta pada permainan ini diharuskan untuk memindahkan air dari satu tempat ke satu tempat yang lain atau dari ember yang berisi air ke botol plastik dengan jarak tertentu.

    Air tersebut dipindahkan dengan menggunakan gelas plastik yang telah dilubangi terlebih dahulu. Karena permainan ini dibatasi oleh waktu, maka akan nampak ketegangan dari para peserta. Kamu harus siap-siap basah dengan lomba ini.

    8. Estafet Pindah Tepung

    Lomba ini membutuhkan tepung dan piring plastik sebagai medianya. Estafet tepung biasanya diadakan secara koletif dengan masing masing kelompok sekitar 5-7 orang. Peserta akan duduk berderet berdampingan dengan kelompok lain.

    Kemudian berlomba menuangkan tepung dalam piring dari atas kepala ke belakang dimulai dari peserta terdepan. Peserta yang duduk paling belakang bertugas mengumpulkan tepung terakhir yang di estafetkan dari depan. Setiap kelompok harus secara cepat mengestafetkan tepung dengan sebanyak-banyaknya dalam waktu tertentu.

    9. Tebak Kata

    Siapkan headset besar yang terhubung dengan musik. Peserta diminta menebak sebuah kalimat atau lirik yang diucapkan tanpa mendengarnya (karena menggunakan headset). Kalimat atau kata yang diucapkan peserta yang tak sesuai biasanya mengundang gelak tawa.

    10. Lomba panjat pinang

    Panjat pinang adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Cara permainannya adalah sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon yang biasanya pohon pinang.

    11. Lomba ambil koin dalam semangka

    Dalam lomba ambil koin biasanya menggunakan uang koin yang dipasangkan ke semangka atau media buah lainnya lalu dilumuri petis. Lantas peserta lomba diminta mengumpulkan koin menggunakan mulut dalam durasi waktu yang ditentukan.

    12. Lomba memasukkan paku dalam botol

    Untuk tata cara dan peraturan lomba ini adalah dengan mengikatkan tali di ujung paku lalu dikaitkan ke pinggang, peserta diharuskan membelakangi botol pesrta dikatakan berhasil jika peserta berhasil memasukan paku ke dalam botol dengan waktu yang paling cepat. Meskipun bisa dibilang simpel namun pada kenyataannya tidak semudah seperti yang dikatakan.

    Itulah berbagai ragam lomba yang menarik untuk memeriahkan momen Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 dijamin seru dan menarik. (eve/ian)


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar